5 Pengobatan Rumahan yang Ampuh Atasi Jerawat di Hidung

Selain menggunakan produk perawatan wajah, kamu juga bisa mengatasi masalah jerawat di hidung dengan pengobatan rumahan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 26 Agu 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya jerawat di kulit wajah tentu lumrah dialami setiap individu. Hidung menjadi salah satu area yang rentan berjerawat. Biasanya jerawat di hidung lebih sakit daripada jerawat di area wajah lainnya.

Selain menggunakan produk perawatan wajah, kamu juga bisa mengatasi masalah jerawat di hidung dengan pengobatan rumahan. Nah, penasaran pengobatan rumahan apa saja yang ampuh basmi jerawat di hidung?

Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (26/8/2020).

1. Lemon

Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/LisaF

Sifat asam lemon bisa membantu membersihkan jerawat dengan mengeringkan jerawat. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang menangkal bakteri penyebab jerawat sehingga membuat kulitmu cerah.

Yang kamu butuhkan 1 sdt lemon peras dan kapas. Lalu celupkan kapas dalam air lemon tersebut, dan aplikasikan kapas pada area berjerawat.

Biarkan kapas tersebut menempel di kulit selama 10-15 menit. Lepaskan kapas dan bilas hidungmu hingga bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

2. Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Cuka sari apel ampuh untuk mengatasi jerawat karena sifat antibakterinya yang membersihkan kulit dari bakteri dan kuman berbahaya untuk meredakan jerawat di hidung.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm cuka sari apel, 4 sdm air dan kapas. Lalu encerkan cuka sari apel dengan air. Oleskan air tersebut pada kulit dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 5-10 menit, dan bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

4. Es Batu

Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Mengoleskan es batu di atas jerawat membantu meredakan peradangan dan juga meredakan nyeri. Kamu hanya perlu menggosokkan es batu di area berjerawat selama 10-15 menit. Lalu biarkan hingga benar-benar kering.

4 dari 4 halaman

5. Menguapi Wajah

Menguapi wajah dengan menggunakan air hangat membantu membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan semua kotoran sehingga bisa membasmi jerawat.

Siapkan air panas secukupnya dan handuk. Lalu tuangkan air panas dalam mangkuk, duduklah dalam posisi yang nyaman dengan handuk. Letakkan mangkuk berisi air panas di depanmu, sebaiknya pada posisi yang lebih rendah.

Bersandarlah di atas mangkuk pada jarak yang aman sehingga uap dari air panas mencapaimu. Tutupi wajah dan mangkuk dengan handuk agar uapnya tidak keluar.

Uap wajahmu selama 5-10 menit. Setelah selesai, tutupi wajahmu dengan handuk yang sama. Lalu basuh wajahmu dengan pembersih.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya