Ronaldinho Dibebaskan dari Tahanan Rumah di Paraguay

Mantan bintang Barcelona dan Brasil Ronaldinho telah dibebaskan dari tahanan rumah di Paraguay setelah hampir lima bulan.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 25 Agu 2020, 08:00 WIB
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba di sebuah hotel untuk menjalani tahanan rumah di Asuncion, Paraguay, Selasa (7/4/2020). Ronaldinho kini berstatus tahanan kota setelah dibebaskan dari penjara dengan dengan membayar uang jaminan sebesar sekitar Rp 25 miliar. (AP/Jorge Saenz)

Liputan6.com, Asuncion - Ronaldinho dan saudaranya, Roberto de Assis, telah dibebaskan dari tahanan rumah di Paraguay. Seperti dilansir Sportskeeda, keduanya dibebaskan Senin (24/8/2020) waktu setempat setelah lima bulan menjadi tahanan rumah. .

Sebelumnya, Ronaldinho dan Roberto Assis harus mendekam di penjara pada Maret lalu. Keduanya ditahan karena memasuki Paraguay dengan paspor palsu.

Ronaldinho dan Roberto Assis kemudian dipindahkan ke tahanan rumah di sebuah hotel di Asuncion, Paraguay, setelah menjalani 33 hari di penjara. Sebelumnya, mereka harus membayar uang jaminan US$ 1,6 juta atau sekitar Rp 23,4 miliar.

Tak hanya itu, Ronaldinho juga harus membayar denda US$ 90.000. Sedangkan Roberto Assis, yang juga merupakan manajer bisnisnya, didenda US$ 110.000. Selain itu, syarat perjalanan juga diberlakukan pada keduanya.

 

 

 

Saksikan Video Ronaldinho di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Dugaan Pencucian Uang

Awak media mengambil gambar mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho setibanya di sebuah hotel untuk menjalani tahanan rumah di Asuncion, Selasa (7/4/2020). Ronaldinho dan kakaknya dijebloskan ke penjara pada 5 Maret 2020 lantaran menggunakan paspor palsu saat masuk ke Paraguay. (AP/Jorge Saenz)

Seperti dilansir Marca melalui Reuters pada Juni lalu, otoritas hukum Paraguay sedang menyelidiki Ronaldinho dan Roberto Assis untuk kemungkinan pencucian uang. Penyelidikan dilakukan setelah keduanya menggunakan paspor Paraguay palsu.

Paspor palsu menunjukkan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir Ronaldinho dengan benar. Namun, pada kolom negara, mantan bintang Barcelona itu disebut sebagai warga negara Paraguay yang dinaturalisasi.

Perjalanan Ronaldinho ke negara Amerika Selatan tersebut diduga untuk mempromosikan acara La Fundacion Angelical. Badan amal ini memberikan bantuan medis kepada anak-anak berpenghasilan rendah. Dia juga akan mempresentasikan bukunya Genio de la vida (Genius of life).

3 dari 4 halaman

Properti Disita dan Banyak Utang

Ronaldinho berpose saat difoto dalam peluncuran akademi sepak bola di China (24/2). Akademi sepak bola ini mampu menampung 1000 anak didik. (Handout / Mission Hills / AFP)

Musim panas lalu, seperti dilansir Diario AS, sebanyak 57 properti milik Ronaldinho disita. Dia juga berutang lebih dari 2 juta euro kepada negara bagian Brasil atas pajak dan denda yang belum dibayar.

Akibatnya, paspor Brasil dan Spanyol milik Ronaldinho harus disita.

 

 

4 dari 4 halaman

Karier

Ronaldinho - Ronaldinho merupakan pemain legenda Barcelona, pemain asal Brasil ini menggunakan nomor punggung 10 pada tahun 2003-2008. (AFP/Andrew Yates)

Ronaldinho pernah bermain untuk Barcelona, ​​Paris Saint-Germain, dan AC Milan selama kariernya. Dia juga tercatat memperkuat Timnas Brasil sebanyak 97 kali antara 1999 dan 2013 dengan mencetak 33 gol.

Bersama Timnas Brasil, Ronaldinho memenangkan trofi Piala Dunia 2002. Selain itu, ia juga pernah memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada 2005. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya