Sederet Hal Baru tentang Peringatan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemi Covid-19

Hal apa saja yang akan ditemukan dari upacara peringatan HUT ke-75 RI tahun ini?

oleh Maria Flora diperbarui 06 Agu 2020, 18:45 WIB
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal baru yang akan ditemukan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 RI tahun ini. Salah satunya dirayakan di tengah kondisi negara yang tengah menghadapi pandemi virus Corona Covid-19.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini upacara bendera juga akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Yakni dilakukan secara terbatas dan online atau daring  untuk menghindari kerumunan orang.

Meski digelar secara sederhana, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Tomo Setya Utama memastikan bahwa peringatan HUT RI akan tetap berlangsung meriah.

"Tapi bisa dirasakan kehikmatannya, kemeriahannya dan pesan-pesan tentang patriotisme dari pendahulu-pendahulu kita yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan," pungkasnya.

Seperti diketahui, perayaan HUT RI juga identik dengan upacara pengibaran serta penurunan bendera yang biasa dilakukan para Paskibraka. Lantas, bagaimana dengan tahun ini?

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, upacara tahun ini masih menggunakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), namun yang direkrut kembali adalah para alumni yang tampil pada 2019.

Berikut sederet hal baru dari perayaan HUT ke-75 RI di tengah pandemi Covid-19: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 7 halaman

Bendera Merah Putih Dipasang Mulai 1 Agustus

Bendera Merah Putih | unsplash.com/@riolec

Terhitung mulai 1 Agustus 2020, pemerintah meminta masyarakat mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di seluruh Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga mengimbau kepada seluruh lembaga negara, para menteri, hingga kepala daerah dapat memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih hingga 31 Agustus 2020.

"Memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih di antara umbul-umbul serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2020," ujar Pratikno dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu 26 Juli 2020, seperti dilansir Antara.

Selain itu, Pratikno meminta pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Pelaksanaan hal-hal dimaksud agar mematuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19 dan segala pembiayaannya harus dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," kata dia.

3 dari 7 halaman

Diminta Bersikap Sempurna pada Pukul 10.17

Paskibraka mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tersebut mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju". (Liputan6.com/HO/Kentun

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga mengimbau semua masyarakat mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB saat peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020.

Lalu bagaimana dengan daerah yang berbeda zona waktunya?

"Jadi waktunya pukul 10.17 WIB. Bagaimana kami di daerah lain? Ya menyesuaikan melihat pada kondisi di sana. Misalnya beda 2 jam di Timur berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu," kata Heru di Istana Kepresidenan, Kamis (6/8/2020).

Tak terkecuali bagi para WNI di luar negeri. Budi juga mengimbau para WNI mengambil sikap sempurna saat peringatan HUT ke-75 RI. Terkait hal itu dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Tentunya kalau waktunya beda 10 jam, di sana malam hari, tentunya tidak bisa. Tapi kalau hanya beda 2 jam, misalnya Singapura, Malaysia, Australia, warga negara (Indonesia) wajib mengikuti itu," kata Heru.

Dia menambahkan, untuk pemberitahuan sikap sempurna, bisa memanfaatkan manfaatkan sirine mobil pemadam kebakaran, mobil dinas perhubungan, dinas kebersihan, mobil patroli TNI atau Polri. Sehingga, semua bisa disiapkan di semua titik-titik strategis, pasar dan perempatan jalan.

4 dari 7 halaman

Semua Aktivitas Dihentikan Selama 3 Menit

Pekerja menjahit bendera merah putih di kiosnya, kawasan Pasar Senen, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menjelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, sejumlah pedagang mengaku penjualan pernak-pernik bendera merah putih menurun 50 persen dibanding tahun lalu akibat COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas selama 3 menit pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. Hal ini untuk memperingati detik-detik proklamasi pada HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia Bagian Barat," ujar Pratikno dalam keterangan persnya, Rabu, 29 Juli 2020. 

"Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi," sambungnya.

Dia menambahkan, upacara HUT Kemerdekaan ke-75 RI akan tetap digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, namun secara virtual.

Upacara juga digelar dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat Covid-19 masih mewabah di Tanah Air.

5 dari 7 halaman

Mereka yang Akan Hadir Upacara HUT RI di Istana

Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Kentung)

Pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI kali ini, pihak Istana juga tidak mengundang masyarakat. Bahkan, pejabat yang hadir pun dibatasi.

Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang pedoman peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Ada pun para pejabat serta pimpinan negara yang hadir yakni, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Inspektur Upacara dan Wapres Ma'ruf Amin.

Kemudian, empat pejabat lainnya menjadi petugas upacara. Mereka yakni, Ketua MPR Bambang Soesatyo yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, Menteri Agama Fachrur Rozie selaku pembaca doa, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

6 dari 7 halaman

Gunakan Paskibraka 2019

Muhammad Asri Maulana (Paskibraka 2019 Kalimantan Selatan), Sudrajat Prawijaya (Paskibraka 2019 Bengkulu), dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata (Paskibraka 2019 Bali). (Foto: Aditya Eka Prawira/Diary Paskibraka Liputan6.com)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut, upacara peringatan HUT ke-75 RI akan digelar secara terbatas dan menggunakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang digunakan dalam upacara HUT RI 2019.

"Kami merekrut kembali, memanfaatkan kembali adik-adik kita yang pada saat 2019 menjadi Paskibra kami pilih kembali. Sehingga untuk bisa tampil di 2020, bisa itu dari cadangan dan dari yang lain. Tentunya rekrutnya, tahap-tahapannya kita lalu sebagaimana aturan yang ditetapkan," tutur Heru, Kamis (6/8/2020).

Langkah itu diambil guna menghindari adanya kegiatan yang membutuhkan kontak fisik. Mengingat saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Heru menyebut, kedelapan Paskibraka itu akan dikukuhkan langsung oleh presiden. Sementara bagi Paskibra tingkat provinsi akan presiden kukuhkan melalui daring atau video konferensi.

"Sehingga generasi muda tetap bisa memberikan apresiasinya melalui Paskibra. Kemudian dilanjutkan dengan mereka bertugas pada tanggal 17 Agustus, baik itu menaikkan bendera maupun penurunan," beber Heru.

7 dari 7 halaman

Meriah Namun Sederhana

Warga memasang hiasan bernuansa HUT RI di Gang A, RT 10/11, Pademangan Timur, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Tujuan menghias gang tersebut untuk memperindah lingkungan serta menyemarakkan perayaan HUT ke-75 RI. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Tomo Setya Utama mengatakan bahwa pada peringatan kemerdekaan Indonesia pada tahun ini mengusung tema "Indonesia Maju".

Harapannya di usia yang sudah menginjak lebih dari tujuh dekade, Indonesia bisa menyongsong kemajuan dalam berbagai lini.

"Sesuai tema, jadi temanya ini Indonesia Maju. Jadi kita berharap di 75 tahun kemerdekaan ini Indonesia sudah menjadi negara maju dari sisi ekonomi, sosial, politik dan lain-lain. Dan itu tergambar dari peringatan ini," harap Tomo Setya Utama, Kamis (6/8/2020).

Meskipun upacara itu tak bisa digelar seperti tahun-tahun sebelumnya, Tomo mengatakan pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin agar peringatan itu bisa dilangsungkan secara meriah namun tetap sederhana.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya