La Liga Akui Kesalahan Anulir Gol Januzaj ke Gawang Real Madrid

Real Sociedad marah pada berbagai keputusan wasit di laga lawan Real Madrid. Salah satunya gol Januzaj yang dianulir.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 23 Jun 2020, 17:55 WIB
Pemain Real Madrid Vinicius Junior menggiring bola melewati pemain Real Sociedad Robin Le Normand pada pertandingan La Liga di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, Minggu (21/6/2020). Real Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga usai mengalahkan Real Sociedad 2-1. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Liputan6.com, Madrid - La Liga mengakui secara internal telah melakukan kesalahan menganulir gol Real Sociedad saat tim itu menelan kekalahan 1-2 melawan Real Madrid.

Kemenangan pada laga lanjutan La Liga itu menempatkan Real Madrid di puncak klasemen, melompati posisi Barcelona.

Keputusan kontroversial itu terjadi saat Adnan Januzaj mencetak gol pada menit ke-68. Eks pemain Manchester United mencetak gol dari sepakan jarah jauh.

Namun, wasit membatalkannya karena rekan setimnya Mikel Merino dinilai telah berdiri dalam posisi offside dan menghalangi pandangan penjaga gawang Thibaut Courtois.

"Ada lima meter antara Courtois dan aku," protes Mikel Merino setelah pertandingan melawan Real Madrid itu, dengan nada "marah."

2 dari 3 halaman

Penalti

Selain insiden Januzaj, mereka juga mempermasalahkan tentang penalti yang diberikan wasit setelah Vinicius jatuh di depan Llorente. Padahal, ia tampaknya tidak melakukan apa-apa.

Wasit Javier Ekstrada menilai ada kontak antara Llorente dengan Vinicius. Lalu, sang pengadil memberi penalti untuk Real Madrid.

"Itu penalti karena ada kontak," kata pakar wasit La Liga, Juan Andujar Oliver dikutip dari Marca.

3 dari 3 halaman

Sentuh Tangan

Persoalan lain adalah ketika Real Madrid mencetak gol lewat Karim Benzema. Pemain asal Prancis itu menerima umpan crossing dari Fede Valverde.

Sebelum menceploskan bola ke gawang, Benzema sempat mengontrol bola. Banyak yang menilai pemain 32 tahun mengontrol bola dengan tangan. Namun, wasit Javier Ekstrada menilai gol yang dicetak Karim Benzema sah.

"Itu adalah gol yang sah karena tidak ada handball ketika Karim Benzema mengontrolnya," kata Juan Andujar Oliver.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya