Kendaraan yang Hendak Berwisata ke Puncak dan Cianjur Diputar Balik

Sejumlah petugas gabungan melakukan penyekatan mengantisipasi kunjungan wisatawan di jalur Puncak, Bogor dan Cianjur, untuk mencegah kerumunan orang di tengah darurat wabah COVID-19.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 26 Mei 2020, 18:22 WIB
Sejumlah petugas gabungan melakukan penyekatan mengantisipasi kunjungan wisatawan di jalur Puncak, Bogor dan Cianjur, untuk mencegah kerumunan orang di tengah darurat wabah COVID-19. (Achmad sudarno/Liputan6)

Liputan6.com, Bogor - Sejumlah petugas gabungan melakukan penyekatan mengantisipasi kunjungan wisatawan di jalur Puncak, Bogor dan Cianjur, untuk mencegah kerumunan orang di tengah darurat wabah COVID-19.

"Kita lakukan penyekatan atau penyetopan pengunjung yang akan berlibur lebaran ke kawasan Puncak," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri, Senin (26/5/2020).

Jajaran TNI, Polri, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor melaksanakan pengamanan Ketupat Lodaya 2020 di Pos Gadog dan Rindu Alam atau kawasan yang memiliki objek wisata kebun teh.

Sejak dua hari terakhir ini, sudah banyak kendaraan yang hendak menuju kawasan Puncak Bogor maupun Cianjur diputarbalikkan.

"Hari ini dan kemarin, kepadatan lalu lintas hampir sama. Hari ini juga banyak kendaraan yang kita putar balikkan," terangnya.

Menurut Fadil, kemacetan di jalur Puncak merupakan imbas adanya penyekatan di Rindu Alam. Terjadi pertemuan arus dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya.

"Kendaraan di Rindu Alam diputarbalikkan, karena kembali ke bawah akhirnya terjadi pertemuan hingga macet," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Petugas Satlantas Polres Bogor sempat memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup jalur menuju Puncak sekitar pukul 15.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan disana.

"Tadi cuma sekitar 30 menit kita berlakukan one way untuk menguras kendaraan dari atas (Puncak) ke bawah," terangnya.

Hingga jelang petang, arus lalu lintas di kawasan Puncak terpantau ramai lancar. Kendaraan mengarah Puncak didominasi kendaraan plat B baik roda dua maupun empat.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya