India Pulangkan Besar-besaran Warganya di Luar Negeri Akibat Pandemi Corona COVID-19

India memulangkan warganya dari luar negeri secara besar-besaran.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 08 Mei 2020, 17:30 WIB
Para buruh migran berjalan untuk menaiki kereta khusus menuju rumah mereka saat masa karantina wilayah (lockdown) nasional yang diterapkan demi mencegah penyebaran COVID-19 di Jalandhar, Negara Bagian Punjab, India utara, (5//5/2020). (Xinhua/Stringer)

Liputan6.com, Dubai - Delhi - Gelombang pertama proses repatriasi besar-besaran untuk memulangkan ratusan ribu orang India yang terjebak di luar negeri telah dimulai pada Kamis 7 Mei, dengan dua penerbangan mendarat di India dari Uni Emirat Arab.

Delhi telah melarang semua penerbangan internasional yang masuk pada akhir Maret karena memberlakukan salah satu penguncian COVID-19 yang paling ketat di dunia. Hal ini kemudian membuat banyak pekerja dan mahasiswa terdampar.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (8/5/2020), sekitar 15.000 warga negara akan dipulangkan dari 12 negara dengan pesawat dan kapal laut, dalam proses repatriasi besar-besaran.

Dua kapal perang telah berlayar ke Maladewa dan satu lagi ke UEA, rumah bagi komunitas India yang berpenduduk 3,3 juta orang, yang merupakan 30 persen dari populasi negara.

Permintaan masyarakat pun melonjak, bahkan konsulat di Dubai mengatakan telah menerima hampir 200.000 aplikasi.

Dua penerbangan yang mendarat di negara bagian Kerala dari Abu Dhabi dan Dubai Kamis telah berhasil membawa pulang 354 orang, termasuk sembilan bayi.

"Saya lega bahwa saya sudah ada di rumah," kata seorang pria dalam penerbangan dari Abu Dhabi melalui telepon ketika dia menunggu untuk turun di negara bagian Kerala.

"Orang-orang duduk di sebelah satu sama lain - setidaknya di barisan saya duduk, kita semua duduk bersebelahan. Mereka membuat orang keluar dari pesawat sekarang secara bergiliran - pertama beberapa orang meninggalkan pesawat dan kami memiliki diminta untuk menunggu," lanjutnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Tidak Semua Dapat Dipulangkan

Orang India yang menunggu di stasiun kereta api memakai masker pelindung sebagai tindakan pencegahan terhadap pandemi Virus Corona. (Rajanish Kakade / AP Photo]

Warga India yang berhasil mendapatkan tiketnya dengan perjuangan itu, tiba di bandara Abu Dhabi dan Dubai. Mereka disambut oleh petugas medis dengan masker, sarung tangan dan pelingdung diri yang mengambil sampel darah untuk tes antibodi.

"Hasilnya keluar dalam 10 menit. Hasil saya negatif. Saya sangat lega," kata seorang penumpang berusia 40 tahun di bandara Abu Dhabi.

"Saya kehilangan pekerjaan di perusahaan tempat saya bekerja. Saya merasa agak aneh untuk pulang, sementara saya senang bahwa saya akan pulang, ada juga perasaan tidak pasti."

Teluk UAE yang kaya minyak itu, bergantung pada tenaga kerja murah dari jutaan orang asing, kebanyakan dari India, Pakistan, Nepal, dan Sri Lanka. Banyak yang tinggal di kamp-kamp kumuh yang jauh dari gedung pencakar langit dan mal yang mencolok di kawasan itu.

Tetapi Virus Corona baru dan dampak ekonominya yang menghancurkan, telah membuat banyak pekerja sakit dan yang lain menganggur, tidak dibayar dan pada belas kasihan dari majikan yang terkadang tidak bermoral.

"Kami memiliki satu atau dua penerbangan yang direncanakan setiap hari untuk lima atau enam hari ke depan," ujar Konsul Jenderal Vipul di bandara Dubai.

Vipul mengatakan sebagian besar dari mereka yang naik adalah pekerja yang kehilangan pekerjaan, bersama dengan wanita hamil, orang tua dan beberapa turis yang terdampar.

"Beberapa orang akan ditinggalkan, itu tak terhindarkan dalam situasi seperti ini ... tidak semua orang dapat ditampung segera," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya