Profil Singkat Yudian Wahyudi, Kepala BPIP Baru

Pelantikan Prof Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP digelar di Istana Negara Jakarta.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 05 Feb 2020, 16:35 WIB
Rektor/Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi. (www.uin-suka.ac.id)

Liputan6.com, Jakarta - Prof Yudian Wahyudi telah dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pelantikan Prof Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP digelar di Istana Negara Jakarta pukul 15.00 WIB.

"Yang jelas ketuanya adalah pelantikan dari Prof Yudian," ujar Staf Khusus Dewan Pengarap BPIP Antonius Benny Susetyo saat dikonfirmasi, Rabu (5/2/2020).

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Prof Yudian Wahyudi? Pria kelahiran 1960 itu adalah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2016-2020.

Dilansir dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga www.uin-suka.ac.id, Prof Yudian Wahyudi saat ini masih aktif mengajar. Ia mengajar pada Program Studi Ilmu Syari'ah, Fakultas Syari'ah dan Hukum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Riwayat Pendidikan

ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)

Prof Yudian Wahyudi merupakan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pendidikan terakhir yang diembannya adalah S3.

Prof Yudian Wahyudi menamatkan pendidikan Sarjana di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Peradilan Agama pada 1987 silam. Kemudian, ia melanjutkan S2 di kampus yang sama dengan mengambil jurusan Islamic Studies pada 1993.

Namun, untuk pendidikan S3, Prof Yudian Wahyudi memilih McGill University di Montreal, Kanada jurusan Islamic Studies pada 2002.

Sementara itu, melansir laman resmi Kementerian Agama www.simpeg.kemenag.go.id, Prof Yudian Wahyudi akan memasuki masa pensiun pada 1 Mei 2030 mendatang.

Masa kerja pria kelahiran Balikpapan, 17 April 1960 ini adalah 30 tahun, 11 bulan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya