Dua Langkah Mudah Pengaturan Privasi pada iPhone

Jika kamu telanjur memberi izin, ternyata kamu masih bisa menyesuaikan pengaturan privasi dan merahasiakan informasi pribadi pada iPhone kamu dengan mudah.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Feb 2020, 07:00 WIB
Unboxing iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Liputan6.com, Jakarta - Saat pertama kali membeli iPhone baru, mungkin kamu akan diberi banyak permintaan aplkasi untuk meminta akses ke berbagai informasi pribadi seperti lokasi, kontak, dan lain-lain.

Kebanyakan dari kamu mungkin saja akan langsung memberi izin. Namun jika kamu telanjur memberi izin, ternyata kamu masih bisa menyesuaikan pengaturan privasi dan merahasiakan informasi pribadi dengan mudah.

Dilansir dari CNET, Selasa (4/2/2020), berikut adalah dua cara untuk memeriksa pengaturan privasi iPhone kamu:

Gunakan Privasi Khusus

Cara pertama, buka Settings di iPhone kamu, lalu cari opsi Privacy. Kemudian kamu akan melihat daftar fitur dan informasi di iPhone kamu yang harus dimintai izin oleh aplikasi untuk mengakses antara lain kontak, kalender, lokasi, kamera, mikrofon, dan lain-lain.

Coba buka salah satu kategori, seperti Photos, untuk melihat aplikasi apa saja yang memerlukan akses ke Photos. Jika tombol ada di posisi menyala, maka aplikasi itu memiliki akses ke Photos. 

 

2 dari 2 halaman

Periksa Ulang Aplikasi Tertentu di Pengaturan

Ilustrasi Aplikasi iPhone. Kredit: Neil Soni via Unsplash

Jika kamu ingin memeriksa ulang apakah Facebook memiliki akses ke lokasi, kamu cukup buka pengaturan, lalu cari dan pilih Facebook. Setelah itu kamu bisa meninjau izin Facebook dan menyempurnakan izin apa yang kamu berikan untuk bisa diakses Facebook.

Terlepas dari bagaimana kamu mengontrol aplikasi mana saja yang memiliki akses ke data pribadimu di iPhone ataupun iPad, alangkah baiknya jika kamu rajin untuk memeriksanya. 

(Fitriah Nurul Annisa/Why)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya