Ria Irawan Meninggal, Ini Deretan Pesohor dengan Riwayat Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit mematikan yang dialami oleh beberapa artis Indonesia, salah satunya Ria Irawan.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2020, 13:29 WIB
Perhatikan Makanan Apa Saja yang Boleh Dikonsumsi Oleh Pasien Kanker (Ilustrasi/iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit kanker mematikan dengan menyerang sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Setiap orang mempunyai kelenjar getah bening, namun sulit dilihat dan diraba.

Kanker kelenjar getah bening dapat menimbulkan pembengkakan yang disebabkan adanya infeksi pada sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah public figure yang menderita penyakit kanker kelenjar getah bening:

1. Ria Irawan

Seperti yang dilansir dari Viva.co.id, baru-baru ini aktris senior, Ria Irawan, divonis mengidap kanker kelenjar getah bening sejak tahun 2009. Dengan melakukan serangkaian pengobatan, Ria Irawan sempat dikabarkan sembuh dari penyakitnya. Namun, kanker kelenjar getah bening yang diidapnya kembali aktif dengan stadium tiga. Tak putus harapan, Ria Irawan terus berjuang melawan penyakitnya tersebut.

Dengan Kondisinya yang kian menurun, Ria Irawan kembali mendapatkan perawatan yang serius sejak 1 September 2019. Tak hanya itu, ia juga diketahui mengidap tumor di bagian kepalanya yang membuatnya kesulitan berbicara dan kehilangan keseimbangan. Kondisi Ria Irawan semakin kritis hingga menghembuskan napas terakhirnya pada 6 Januari 2020.

2. Aldi Taher

Dapat dilihat kembali, pada tahun 2016, Aktor Indonesia, Aldi Taher berjuang melawan kanker kelenjar getah bening stadium satu. Tentunya, Aldi juga telah rutin menjalani serangkaian pengobatan.

Selain melakukan serangkaian pengobatan, Aldi juga melakukan cek perkembangan selnya melalui medical check-up secara berkala. Aldi juga melakukan kegiatan yang sifatnya menyenangkan dan menyehatkan. Sebisa mungkin Aldi juga harus relaks, berpikiran positif, dan bersemangat untuk sehat. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari Liputan6.com.

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

3. Olga Syahputra

Presenter dan komedian, Olga Syahputra mengalami penyakit serupa dengan Ria Irawan dan Aldi Taher. Sejak divonis mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 4, Olga mulai di rawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura dengan melakukan istirahat total di kamar perawatannya saja tanpa menjalani kemoterapi dan operasi apapun. Pada 27 Maret 2015, akhirnya Olga menghembuskan napas terakhirnya dengan mengidap kanker kelenjar getah bening stadium empat.

4. Ustaz Arifin Ilham

Berdasarkan yang dilansir dari Dream.co, sejak didiagnosis mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 4, Ustaz Arifin Ilham melakukan pengobatan secara intensif, seperti kemoterapi. Selain itu, ia juga rutin melakukan pengobatan alternatif yang sesuai dengan syariat Islam, seperti bekam. Harapan penyakitnya akan sembuh dalam waktu yang singkat telah pupus karena Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada 22 Mei 2019.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya