Sejumlah Tokoh Hadiri Tahlilan BJ Habibie

Ilham Habibie menyebut tahlilan meninggalnya BJ Habibie akan dilaksanakan selama 40 hari.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 12 Sep 2019, 20:08 WIB
Jimly Asshiddiqie mendatangi tahlilan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah tokoh menghadiri tahlilan dan doa bersama untuk mendiang Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Tahlilan digelar di rumah duka Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Pantauan di lapangan, warga kerabat dan para tokoh mulai berdatangan ke rumah duka. Dua tokoh yang terlihat di antaranya Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri.

Dia tiba pukul 19.03 WIB. Rachmawati duduk dikursi roda. Ia mengenakan pakaian serba hitam. Sejumlah orang pun mengawalnya ke dalam kediaman BJ Habibie.

Tak lama berselang, hadir cendekiawan muslim sekaligus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie di tengah-tengah jemaah tahlilan.

Sebelumnya, Putra BJ Habibie, Ilham Habibie menyebut tahlilan akan dilaksanakan selama 40 hari. Tahlilan dan doa bersama digelar di kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ya malam ini ada tahlilan, dan saya kira hari-hari ke depan juga tahlilan," ujar Ilham usai pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Tradisi

Paspampres mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Dimakamkan secara militer, jenazah BJ Habibie diiringi derap marching band dan lantunan kalimat tahlil dari para pelayat. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ilham mengatakan, tahlilan akan digelar selama 40 hari karena sudah menjadi tradisi keluarganya. Menurut Ilham, pada saat ibundanya, Ainun Habibie wafat, prosesi tahlilan juga digelar selama 40 hari.

"Mungkin sampai 40 hari ke depan, setiap hari akan tahlilan. Jadi ini seperti mengcopy pada saat ibu wafat dulu. Waktu itu juga tiap hari sampai dengan hari ke 40 itu," kata anak sulung BJ Habibie itu.

BJ Habibie mengembuskan napas terakhir pada Rabu 11 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pukul 18.05 WIB. Habibie meninggal pada usia 83 tahun.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya