FOTO: Yadnya Kasada, Ritual Melarung Sajen ke Kawah Gunung Bromo

Ritual Yadnya Kasada adalah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun sejak manusia pertama kali mendiami kawasan kaki Gunung Bromo.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 18 Jul 2019, 19:30 WIB
Yadnya Kasada, Ritual Melarung Sajen ke Kawah Gunung Bromo
Ritual Yadnya Kasada adalah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun sejak manusia pertama kali mendiami kawasan kaki Gunung Bromo.
Suku Tengger membawa kambing sajen menuju puncak untuk melarungnya ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Ritual Yadnya Kasada adalah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Suku Tengger membawa kambing sajen untuk melarungnya ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Ritual ini merupakan adat untuk memohon keselamatan, kemakmuran, dan tolak bala kepada Sang Hyang Widhi. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Suku Tengger membawa kambing sajen menuju puncak untuk melarungnya ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Yadnya Kasada diselenggarakan pada hari ke-14 bulan Kasada. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Sejumlah orang mencoba menangkap sajen yang dilemparkan ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Ritual yang selalu berlangsung pada saat bulan purnama ini sudah dilangsungkan sejak abad ke-14. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Sejumlah orang mencoba menangkap sajen yang dilemparkan ke kawah dalam ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Ritual ini diselenggarakan berabad-abad silam saat manusia pertama kali mendiami kawasan kaki Gunung Bromo. (JUNI KRISWANTO/AFP)
Suku Tengger dan wisatawan mendaki tangga menuju puncak saat pelaksanaan ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Bagi suku Tengger, Yadnya Kasada merupakan ritual adat yang wajib diselenggarakan setiap tahunnya tanpa ada kompromi. (JUNI KRISWANTO/AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya