Kepincut Motor Sport 155 Cc Yamaha, Ini Daftarnya

Kehadiran Yamaha MT-15 membuat lini motor sport 155cc Yamaha Indonesia semakin lengkap. Sebelumnya Yamaha telah memiliki R15 dan Vixion R.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jan 2019, 16:12 WIB
Yamaha MT-15 telah meluncur di Thailand. (India Car News)

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Yamaha MT-15 membuat lini motor sport 155cc Yamaha Indonesia semakin lengkap. Sebelumnya Yamaha telah memiliki R15 dan Vixion R.

Spesifikasi mesin sama. Depot tenaga baru andalan Yamaha yang perdana dipakai motor sport pada R15. Mesin 1-silinder 155 cc berpendingin cairan, sudah dibekali teknologi variabel valve actuation (VVA).

 

Yamaha YZF-R15 resmi diperkenalkan di Indonesia (foto: Ivan Hermawan)

Tenaga yang dihasilkan 19.3 PS pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 8.500 rpm, semuanya sama. Selain itu, masing-masing sudah didukung assist & slipper clutch untuk perpindahan transmisi 6-speed lebih mulus.

Rangka juga sama. Memakai deltabox dengan swing arm berbahan aluminium dan suspensi belakang link monoshock. Deselerasi, masing-masing motor dilengkapi dua rem cakram.

Berbeda dari Yamaha Vixion R dan MT-15, Yamaha R15 jadi jagoan andalan yang menggunakan fairing. R15 bersaing keras dengan Honda CBR150R dan Suzuki GSXR150. Sayang, R15 sedikit tertinggal permainan, disebabkan belum punya fitur rem anti-penguncian roda ABS. Sedang kedua kompetitor utama punya.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Yamaha All New V-Ixion. (Dok Yamaha)

Vixion R juga spesial sebagai evolusi dari Vixion biasa. Bedanya dengan Vixion biasa, paling signifikan dari penggunaan mesin 155 cc VVA. Vixion R punya banderol harga paling murah dari saudaranya yang bermesin sama.

Harga Vixion R Rp 29,5 juta, tapi belum mendapat suspensi depan upside down. Fitur dan kelengkapan lain mirip dengan dua saudaranya itu.

MT-15 jadi yang paling muda bergabung dalam keluarga. Desainnya familiar, mirip Xabre. Malah sempat digadang sebagai pengganti Xabre.

Nyatanya, MT-15 menjadi alternatif bagi yang bosan dengan desain sport fairing R15 maupun naked Vixion R atau bagi yang merasa MT25 terlalu mahal harganya.

Seperti Yamaha R15, MT-15 mendapat suspensi depan upside down dengan kelir emas kontras. Fitur lain ada Lampu depan berdesain unik dengan teknologi LED proyektor, lampu belakang LED dan panel meter digital.

Lengkap sudah pilihan sport 155 cc dari Yamaha. Tinggal dipilih yang paling sesuai selera dan budget. Kalau cuma melihat dari segi harga juga bisa, karena performa ketiganya kurang lebih sama.

Sedang bentuk desain mempengaruhi rasa dan karakter berkendara. Jadi, pilih gaya sport R15, naked Vixion R atau streetfighter dengan sentuhan supermoto dari MT-15?

Sumber: Oto.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya