Waspada, Fasilitas WiFi Gratis Rentan Disusupi Hacker

Pakar keamanan siber memperlihatkan bagaimana mudahnya hacker menyusup keperangkat korban melalui koneksi jaringan WiFi gratisan.

oleh Yuslianson diperbarui 26 Jan 2019, 18:01 WIB
Ilustrasi hacker (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kamu pasti tidak bisa lepas dari internet dalam kehidupan sehari-hari. Entah hanya sebatas berkirim pesan atau update status di media sosial, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer saat ini.

Alhasil, berbagai tempat umum, seperti bandara, kedai kopi, mall, hingga tempat makan pun menawarkan koneksi WiFi gratis.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, nyatanya ada bahaya yang mengintai. Salah satunya adalah betapa mudahnya hacker menyusup ke perangkat dan mencuri data-data pribadi kita.

Hal tersebut yang coba dibuktikan oleh pakar keamanan siber di Check Point Software Technologies, Dan Tan.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (26/1/2019), Tan mempraktekkan betapa mudahnya seorang hacker mencuri data pengguna melalui jaringan WiFi gratis yang tersedia.

 

2 dari 3 halaman

Mampu Intip Aktivitas Smartphone Pengguna

Ilustrasi (Sumber : beliefnet.com

Tak hanya itu, hacker juga mampu mengetahui apa yang dilakukan oleh korban ketika menghubungkan perangkatnya ke jaringan WiFi tersebut.

Ditemani oleh host tayangan Why It Matters, Joshua Lim, Tan dapat mengetahui apa yang sudah Joshua lakukan dengan smartphone-nya.

Ia mampu mengetahui bilamana Joshua sedang berselancar di internet dan mencari berita tentang meninggalnya Stan Lee.

Dijelaskan oleh Tan, hacker yang sudah mendapatkan akses ke smartphone korban juga mampu mengetahui password, melihat email, dan juga mengakses berbagai dokumen.

"Saat men-download aplikasi WiFi gratis buatan hacker, mereka sudah langsung mendapatkan akses ke semua fitur smartphone korban," ucap Tan.

Diperlihatkan, Tan dapat mengirim file dan mencuri dengar percakapan korban tanpa sepengetahuan.

 

3 dari 3 halaman

Kemungkinan Terburuk Bagi Korban

Ilustrasi: Hacker (Sumber: Mirror).

"Dengan data-data yang mampu dicuri, hacker dapat menirukan kamu, mengetahui pernah bertemu dengan siapa saja, dan dapat tahu informasi tentang teman-teman kamu," kata Tan.

Lalu bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi terhadap kamu? Tan mengatakan, hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika memakai jaringan WiFi gratis adalah memasukan informasi pribadi ke layanan apapun.

Selain itu, kamu harus mempertimbangkan untuk menginstal solusi keamanan terpercaya di perangkat mobile yang digunakan.

So, kamu masih berani akses internet lewat koneksi jaringan WiFi gratis yang tersebar di berbagai tempat?

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya