Penyesalan yang Kamu Alami Bisa Ungkap Kepribadian dalam Diri

Dunia psikologi mampu mengungkap kepribadian Anda lewat peristiwa penyesalan yang Anda alami.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 02 Nov 2018, 18:03 WIB
Ilustrasi penyesalan.

Liputan6.com, Jakarta - Dapatkah Anda membayangkan bahwa hal-hal yang Anda sesali dalam hidup memiliki alasannya sendiri, dan hal tersebut dapat mengungkap kepribadian Anda.

Dalam dunia psikologi telah ditemukan bahwa hal-hal yang Anda sesali dalam hidup Anda berkaitan dengan kepribadian Anda dan penyesalan tersebut mendefinisikan hidup Anda dengan cara yang lebih baik.

Penyesalan pahit yang Anda alami membuat Anda menyadari tentang berbagai peluang yang telah berlalu.Hal-hal yang Anda sesali inilah yang mampu menyingkapkan tentang kepribadian Anda.

Berikut macam-macam bentuk penyesalan yang dapat mengungkap kepribadian Anda.

2 dari 6 halaman

Menyesal karena tidak dapat berada di sisi orang yang membutuhkan kita

Sedih itu pasti, tapi apa benar kita harus bersedih? Coba pikir sekali lagi… (Ilustrasi: Greatist)

Kehilangan peluang untuk berada di samping orang-orang yang sedang membutuhkan keberadaan Anda dapat memicu penyesalan yang besar dalam diri.

Penyesalan ini mendefinisikan kepribadian Anda sebagai individu yang cenderung bersimpati dengan alam. Anda juga cenderung memiliki rasa prihatin dengan kesejahteraan orang lain.

Sisi lainnya mengungkapkan bahwa Anda cenderung merasa bersalah dan menyebut diri Anda egois karena tidak dapat membantu orang lain.

3 dari 6 halaman

Tidak memiliki cukup waktu untuk dihabiskan bersama dengan orang tersayang

Liburan Akhir Tahun Waktunya Mencoba Tempat-Tempat Wisata Baru. Tempat Mana Saja yang Seru?

Kesibukan seringkali menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Apabila penyesalan semacam ini Anda rasakan, Anda dapat dikatakan sebagai seorang individu yang suka merawat orang-orang di sekitar.

Anda memiliki kepribadian yang hangat dan orang-orang di sekitar Anda suka menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan Anda.

4 dari 6 halaman

Penyesalan membuang tahun-tahun terbaik dalam hidup karena kesibukan pekerjaan

Foto Ilustrasi

Penyesalan yang datang akibat terlalu fokus dengan pekerjaan dan menghabiskan sebagian besar waktu hanya dengan bekerja dapat mengungkapkan bahwa Anda adalah seorang individu yang terperangkap. Anda membutuhkan banyak waktu tetapi menginginkan jalan yang mudah dan instan untuk mendapatkannya.

5 dari 6 halaman

Tidak terhubung dengan teman lama dan keluarga

Ilustrasi kesepian di tengah keramaian (Pixabay)

Penyesalan akibat situasi ini memberikan pemahaman bahwa Anda memiliki kepribadian dalam menghargai darimana Anda berasal.

Anda adalah seorang individu yang akan melihat ke masa lalu Anda dan menemukan kembali teman sejati yang Anda miliki dalam hidup Anda.

6 dari 6 halaman

Khawatir tentang pemikiran orang lain terhadap Anda

Ilustrasi remaja muda malu (iStockphoto)

Anda cenderung memiliki kekhawatiran tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda dan seringkali Anda juga akan merasakan penyesalan karenanya.

Jika ini adalah penyesalan yang seringkali Anda rasakan, maka Anda memiliki rasa individualitas dan identitas pribadi yang kuat. Anda tampaknya ingin membentuk pemikiran untuk menjadi seorang yang unik di sepanjang waktu.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya