Bersepeda Bisa Hilangkan Migrain

Bersepeda selain menyehatkan juga bisa mengusir migrain. Manfaat lainnya, gerakan bersepeda juga dapat mengurangi stres dan memperbaiki tidur.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Okt 2011, 21:15 WIB
Liputan6.com, Gothenburg: Selain mengurangi polusi udara dan baik untuk kesehatan, bersepeda ternyata juga bisa menghilangkan penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Gothenburg, Swedia, bersepeda bisa mengusir migrain.

Para dokter dari Institut Neuroscience dan Fisiologi di universitas tersebut percaya bahwa efek terapeutik yang dihasilkan akibat bersepeda mampu menghilangkan migrain.

Hal itu berdasarkan penelitian terhadap 91 orang di Swedia yang mengalami serangan migrain sebanyak empat hingga tiga kali per bulan. Para peneliti kemudian membagi para responden menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberi obat migrain. Sementara kelompok kedua diberikan terapi penghilang migrain, serta ketiga mengendarai sepeda.

Ternyata, semua tiga metode pengobatan tersebut sama-sama efektif. Namun, ketegangan yang menjadi penyebab migrain pun terus berkurang akibat bersepeda. Manfaat lainnya pun terungkap bahwa gerakan dalam bersepeda juga dapat mengurangi stres dan memperbaiki tidur [baca: Dokter: Bersepeda Dapat Kurangi Stres]. (Genius Beauty)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya