Ingin Coba Berbisnis? 5 Hal Ini Harus Siap Dikorbankan

Berikut ini adalah hal yang mesti Anda korbankan jika ingin berbisnis

oleh Bawono Yadika diperbarui 19 Jun 2018, 18:00 WIB
Melalui hobi rumahan berikut ini, kamu bisa menghasilkan uang yang cukup besar untuk memenuhi lifestyle dan kebutuhan sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengatakan jika mereka ingin sekali menjadi pengusaha. Anggapannya, menjadi pengusaha bisa meluangkan waktu sebebas mungkin serta jam kerja yang fleksibel. 

Padahal, di balik itu semua tersimpan kerja keras dan dedikasi yang tinggi untuk mewujudkan kesuksesan yang diraih. Menjadi pengusaha, juga harus menyediakan waktu ekstra dan kreatifitas yang tidak setengah-setengah. 

Melansir dari Inc, Selasa (12/6/2018) menyebutkan ada banyak hal yang mesti seseorang korbankan untuk menjadi seorang pengusaha. Salah satunya adalah pertemanan.

Apa lagi yang sekiranya mesti Anda korbankan jika ingin menjadi pengusaha? Ini dia paparanya:  

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Korbankan 5 Hal Ini

Sedih itu pasti, tapi apa benar kita harus bersedih? Coba pikir sekali lagi… (Ilustrasi: YouTube.com)

1. Free Time

Membangun bisnis sendiri membutuhkan banyak waktu, kerja keras, serta dedikasi di dalamnya. Pola pikir yang menganggap pengusaha serta-merta bebas menentukan waktu sendiri adalah sebuah kesalahan besar. Faktanya, meraka harus siap setiap saat dan justru mengorbankan waktu bebas mereka. 

2. Keluarga

Waktu bebas yang terenggut juga termasuk waktu berharga Anda dengan keluarga tercinta. Observasi, pertemuan dengan banyak pelanggan, serta memperbaiki metode bisnis Anda mengharuskan fokus yang tinggi. Oleh karena itu, hal ini terkadang merenggut waktu emas Anda dengan keluarga di rumah. 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Risiko Tinggi

Ilustrasi Karier| foto : istimewa

Jika pola pikir Anda hanya ingin hidup kaya raya dan enak, maka lupakanlah bisnis sebagai jalan hidup. Pengusaha membutuhkan lebih sekadar itu.

Banyak risiko besar yang diambil di dalamnya untuk mencapai tujuan tertentu. Maka dari itu, risiko juga merupakan sahabat Anda jika ingin menjadi seorang pengusaha handal nantinya. 

4. Mengelola Kegagalan

Salah satu hal tersulit menjadi businessman atau businesswoman adalah mengelola setiap kegagalan yang Anda terima dalam setiap perjalanannya. Jika Anda tidak mampu memandang kegagalan dengan bijak, akan mudah untuk menyerah dan keluar dari impian. 

4 dari 4 halaman

5. Pertemanan

Ilustrasi Pertemanan (Sumber Foto: Pexel)

Dalam fase ini, Anda akan melihat mana teman yang sungguh-sungguh hadir atau hanya ingin berada dekat saat Anda sukses semata. Pertemanan juga mesti Anda korbankan karena akan ada banyak waktu yang didedikasikan untuk bekerja. 

Tetapi, menjadi pertemanan untuk tetap baik justru akan menjadi tantangan yang menarik untuk Anda takluki. Pelihara dan jaga hubungan tersebut secara baik, karena merekalah yang membuat Anda ceria di samping keluarga di rumah. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya