PLN Salah Hitung, Tagihan Listrik Fenita Arie Bengkak Rp 18 Juta

PLN menyatakan, kesalahan perhitungan tagihan listrik yang dialami Fenita Arie mungkin terjadi usai meteran listrik diremajakan.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 08 Jun 2018, 14:28 WIB
Aktivitas penyambungan penambahan daya oleh petugas PLN di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya ) mengakui terjadi kesalahan perhitungan tagihan listrik, ‎sehingga nominalnya tidak sesuai dengan penggunaan. Hal tersebut dialami selebritas Fenita Arie.

Manajer Komunikasi, Hukum, dan AdministrasiPLN Disjaya Aries Dwiyanto‎ mengatakan, PLN Disjaya telah menindaklanjuti keluhan Fenita atas tagihan pemakaian listrik sebesar Rp 18 juta, dengan mendatangi kediamannya dan mencek penggunaan listrik‎.

"Kemarin sudah ditemui, dikomunikasikan. Kasus ini dicek kembali karena tidak selamanya kesalahan pelanggan," kata Aries, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Dari pengecekan yang sudah dilakukan PLN tidak ditemukan peningkatan penggunan listrik sehingga membuat tagihan melonjak.‎ Menurut Aries, tagihan listrik yang tidak sesuai pemakaian tersebut merupakan akibat dari kesalahan pencatatan pada meteran. Kasus ini baru terjadi pertama kali.

‎"Waktu meter diangkat ada nomor stand akhirnya berapa. Terus pelanggan sudah ditemui  penggunaanya normal tidak sebesar itu. Pencatatan perhitungannya yang salah," papar Aries.

Saat ini masalah tersebut telah diselesaikan, PLN akan menggembalikan kelebihan tagihan yang disesuaikan dengan penggunaan normal. Untuk pengembalian kelebihan tagihan akan dilakukan dengan memotong tagihan listrik pada bulan berikutnya atau mengembalikan dengan uang tunai. "Itu sudah clear sudah disampaikan ke pelanggan nanti tagihan akan dikembalikan," ujar dia.

Aries‎ mengungkapkan, kesalahan perhitungan kemungkinan terjadi setelah meteran listrik diremajakan. Sebelum dipasang di rumah pelanggan meteran baru tersebut sudah dikalibrasi terlebih dahulu, kemungkinan dalam perjalanan mengalami guncangan atau benturan sehingga akurasi perhitunan berubah.

"Kita sedang ada peremajaan meter sebelum dipasang di kalibrasi dulu. Bisa saja kalau di jalan terjadi guncangan berubah," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Dapat Tagihan Listrik hingga Rp 18 Juta, Fenita Arie Shock

Semakin hari penampilan Fenita Arie semakinmemukau. Bahkan gaya berhijabnya saja kerap menginspirasi para wanita berhijab lainnya. Dan berikut ini adalah gaya berhijab ala Fenita yang modis dan santun. (Instagram/fenitarie)

Jantung Fenita Arie seakan mau copot ketika dirinya membuka tagihan listrik bulan ini. Bagaimana tidak, jumlah uang yang ditagih tidak kurang dari Rp 18 juta.

Kisah tersebut dibagikan ibu tiga anak itu melalui Instagram Story-nya, Kamis 7 Juni 2018. Dengan nada santai, Fenita Arie melontarkan pertanyaan pada perusahaan listrik di Tanah Air.

"Saya bingung deh pengen tanya langsung," begitu kata-kata pertama Fenita Arie, mengawali keluhannya tersebut.

Rupanya, pengalaman tak mengenakan presenter kondang itu didapat ketika baru mengganti mesin di kediamannya. Fenita Arie pun mengaku tak pernah mendapat tagihan sebesar itu sebelumnya.

 

Keluhan Fenita Arie soal tagihan listrik. [foto: instagram/fenitarie]

"Di rumah saya baru 1 bln ini ada pergantian mesin baru digital..tp sekarang pas ada tagihan shock banget karena liat tagihan nya sebesar 18jt ..dimana itu berkali-kali lipat bangeeeeet loh biasanyaa..mohon klarifikasinya," tulis Fenita Arie.

 

3 dari 3 halaman

Ajak Berbagi Pengalaman

Berikut aksi Fenita Arie di Runway saat diumumkan sebagai brand ambassador lini modest wear tanah air, L.tru. (Foto: Do. Muara Bagdja)

Tak sampai di situ, Fenita Arie juga mengajak publik berbagi keluh kesah jika mempunyai pengalaman yang sama. Istri Arie Untung itu pun berharap perusahaan penyedia listrik tersebut bisa memperlakukan konsumen dengan baik.

"Ada juga ga sih yang pernah ngalamin hal yg sama dengan aku..padahal maksudnya membantu supaya kerja nya lebih mudah malah konsumen nya dibebankan seperti ini..yuk share bareng," ungkap Fenita Arie.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya