4 Cara Terbaik Menikmati Minggu Terakhir Ramadan di Selandia Baru

Berikut empat cara menikmati minggu terakhir Ramadan di Selandia Baru.

oleh Meita Fajriana diperbarui 08 Jun 2018, 14:15 WIB
Berikut empat cara menikmati minggu terakhir Ramadan di New Zealand. (Foto: Dok. Tourism New Zealand)

Liputan6.com, Jakarta Minggu terakhir Ramadan merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan umat Muslim di Indonesia. Tantangan dalam membiasakan diri untuk berpuasa telah berlalu dan kini digantikan oleh antusiasme menyambut Idul Fitri.

Pada minggu terakhir Ramadan, umat muslim di seluruh dunia akan memulai persiapan tradisi perayaan Idul Fitri. Momen keceriaan ini tentunya juga tidak boleh dilewatkan oleh umat Muslim Indonesia yang sedang Liburan di Selandia Baru.

Bagi Anda yang sedang berlibur Selandia Baru, berikut empat cara terbaik dalam menikmati Ramadan dengan nyaman dan menyenangkan di Selandia Baru seperti dilansir dari Tourism New Zealand, Kamis (7/6/2018).

1. Cari tahu waktu sahur dan berbuka puasa

Durasi puasa di Selandia Baru menjadi satu jam lebih pendek dari Indonesia tahun ini karena musim dingin yang semakin dekat. Terbenamnya matahari yang lebih awal di Selandia Baru memungkinkan umat muslim berpuasa selama 11-12 jam.

Setiap kota memiliki waktu sahur dan berbuka yang berbeda, tapi umumnya berlangsung sekitar pukul 5.45 – 6.55 untuk waktu sahur dan pukul 16.55 – 17.15 untuk waktu berbuka. Jangan lupa untuk selalu membawa air kemasan dan kurma/cemilan manis sebagai bahan berbuka puasa Ramadan ketika Anda sedang dalam perjalanan.

2 dari 3 halaman

Ramadan di New Zealand

Berikut empat cara menikmati minggu terakhir Ramadan di New Zealand. (Foto: Dok. Tourism New Zealand)

2. Simpan energi dengan aktivitas santai di Selandia Baru

Anda tetap dapat menikmati Selandia Baru meskipun sedang berpuasa. Selandia Baru menawarkan beragam pengalaman unik yang mudah dijangkau tanpa menghabiskan terlalu banyak energi, yaitu naik balon udara di Canterbury atau Queenstown, meluncur di bawah bintang-bintang di Waitomo Glowworms Caves, hingga berlayar dengan pemandangan indah di sepanjang Milford Sound.

 

3 dari 3 halaman

Ramadan di New Zealand

Berikut empat cara menikmati minggu terakhir Ramadan di New Zealand. (Foto: Dok. Tourism New Zealand)

3. Cek Panduan Makanan Halal New Zealand

Menemukan tempat makan yang halal kini jauh lebih mudah dengan adanya Panduan Makanan Halal dari Tourism New Zealand. Edisi yang terbaru memiliki 289 tambahan restoran dan kafe baik yang bersertifikasi halal ataupun menawarkan makanan vegetarian di daerah baru seperti Whangarei dan Marlborough. Wisatawan juga dapat menggunakan panduan ini untuk mencari supermarket dan gerai takeaway yang bersertifikasi halal. Terdapat total 567 restoran, kafe, toko, dan gerai yang terdaftar dalam panduan ini.

Beberapa rekomendasi pilihan tempat makanan yang halal ketika di New Zealand, termasuk Bawarchi Indian Restaurant di Central Auckland, Garudas Food Truck di Wellington, The Herb Center Café di Christchurch, dan KL Aroma Restaurant di Dunedin.

4. Temukan tempat ibadah terdekat

Maksimalkan minggu terakhir Ramadan di New Zealand dengan melakukan salat tarawih di salah satu masjid yang terkenal di Selandia Baru, yaitu Masjid Kilbirnie di Wellington. Juga ada sejumlah tempat ibadah yang tersebar di seluruh negeri, termasuk di dalam bandara dan universitas.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya