Ngabuburit hingga Tarawih, 6 Momen Ramadan Paling Dirindukan

Ramadan menjadi bulan yang dinanti setiap umat muslim, selain keutamaan ibadah, ada beberapa momen yang paling dinantikan saat ramadhan, apa saja?

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Mei 2018, 17:30 WIB
Selain keutamaan ibadah, ada beberapa momen yang paling dinantikan saat ramadhan (Sumber foto: ettemaadaily)

Liputan6.com, Jakarta Tidak lama lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan. Ramadhan tahun 1439 H ini akan jatuh pada pertengahan Mei 2018. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, sebab banyak keistimewaan yang hanya ada pada saat ramadhan.

Selain keistimewaan beribadah, Ramadhan juga menghadirkan momen-momen indah yang membuat orang akan terus merindukan kedatangan bulan ini. Momen apa saja?

2 dari 4 halaman

1. Buka Bersama Sekaligus Reunian

Momen buka puasa bersama sering dijadikan ajang reunian (Sumber foto: genmuda)

Buka bersama menjadi momen yang paling dirindukan pertama. Biasanya, buka bersama sering dijadikan momen untuk reunian dengan kerabat lama, mulai dari Sekolah Dasar hingga SMA. Suasana kehangatan ramadhan semakin terasa saat berkumpul dan berbagi cerita dengan mereka.

2. Ngabuburit Menunggu Adzan Magrib

Untuk mengisi waktu sambil menunggu adzan magrib sebagai pertanda buka puasa, biasanya masyarakat Indonesia mengisinya dengan ngabuburit. Banyak cara dilakukan untuk ngabuburit, mulai dari jalan-jalan di taman, bermain layangan, hingga memasak di dapur sambil mempersiapkan menu buka puasa.

3 dari 4 halaman

3. Bermain Meriam Bambu

Meriam bambu menjadi permainan favorit anak-anak saat ngabuburit (Sumber foto: bintang.com)

Selain bermain layangan, meriam bambu menjadi permainan yang digemari saat ramadhan, khususnya untuk menunggu waktu buka puasa. Berberapa daerah di Indonesia, sering mengadakan festival meriam bambu dengan tujuan membangun silaturahmi sesama umat muslim.

4. Menu Buka Puasa

Menu buka puasa memang paling dinanti menjelang buka puasa. Meskipun sederhana, namun kenikmatan makan bersama keluarga setelah seharian berpuasa, menjadi momen yang tidak bisa didapatkan dihari biasa.

4 dari 4 halaman

5. Suasana Shalat Tarawih

Shalat tarawih bersama keluarga menjadi momen yang dinanti saat ramadhan (Sumber foto: Nu.org)

Salah satu keutamaan saat ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat yang dilaksanakan setelah shalat isya ini menjadi hal yang ditunggu oleh setiap umat muslim. Selain pahala yang berlipat ganda, melaksanakan tarawih hingga tadarus Al-Quran bersama keluarga dan tetangga, bisa membuat hati tenang dan penuh kehangatan.

6. Makan Sahur

Bangun di seperempat malam untuk melaksanakan santap sahur menjadi momen langka saat ramadhan. Selain buah, biasanya makanan berkuah menjadi menu favorit saat sahur, seperti sup ayam, rawon, hingga soto ayam dan daging.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya