FOTO: Perjuangan Pemburu Madu di Hutan Malaysia

Pada malam hari di hutan Malaysia, dua pria bertengger di dahan-dahan tinggi menggunakan obor untuk menarik ribuan lebah dari sarang pohon salam, menantang kawanan hewan lainnya untuk mengumpulkan madu yang berharga.

oleh Johan Fatzry diperbarui 14 Mar 2018, 19:11 WIB
Pemburu Madu Hutan di Malaysia
Pada malam hari di hutan Malaysia, dua pria bertengger di dahan-dahan tinggi menggunakan obor untuk menarik ribuan lebah dari sarang pohon salam, menantang kawanan hewan lainnya untuk mengumpulkan madu yang berharga.
Pemburu madu tradisional Malaysia Zaini Abdul Hamid memperbaiki tangga untuk memanen sarang lebah di atas pohon Tualang raksasa di hutan Ulu Muda di Sik, sebelah timur laut negara bagian Malaysia, Kedah (11/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Abdul Samad Ahmad mengikat tali sebelum mengambil madu di hutan Ulu Muda di Sik, Malaysia (11/3). Pada malam hari di hutan Malaysia, dua pemburu madu berada di dahan pohon menggunakan obor untuk menarik ribuan lebah. (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu menggunakan senter memanen madu dari sarang lebah di atas pohon Tualang di hutan Ulu Muda di Sik, Malaysia, (12/3). Para pemburu madu ini menantang kawanan hewan lainnya untuk mengumpulkan madu berharga tersebut. (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pisau milik pemburu madu tergantung di pohon di hutan Ulu Muda di Sik, Kedah, Malaysia, (11/3). Pada malam hari di hutan Malaysia, dua pemburu madu berada di dahan pohon menggunakan obor untuk menarik ribuan lebah. (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu Malaysia tradisional Zaini Abdul Hamid (kanan) dan Abdul Samad Ahmad menaiki perahu usai mengumpulkan madu dari sarang lebah di hutan Ulu Muda di Sik, timur laut negara bagian Malaysia, Kedah (12/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu tradisional Malaysia Abdul Samad Ahmad memotong kayu untuk membuat tangga untuk mengambil madu dari atas pohon raksasa Tualang di hutan Ulu di Sik, Malaysia, (11/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu tradisional Malaysia menyiapkan tali dan papan kayu yang dibutuhkan untuk memperbaiki tangga untuk memanen madu di atas pohon Tualang raksasa di hutan Ulu Muda di Sik, Malaysia, Kedah (11/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu tradisional Malaysia yang meremas sarang madu untuk mengumpulkan madu di meja darurat di hutan Ulu Muda yang lebih besar di Sik, sebelah timur laut negara bagian Malaysia, Kedah (12/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu tradisional Malaysia menyingkirkan lebah dari sarangnya untuk mengambil madu di hutan Ulu Muda yang lebih besar di Sik, sebelah timur laut negara bagian Malaysia, Kedah (12/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)
Pemburu madu Malaysia tradisional Zaini Abdul Hamid tersenyum setelah mendirikan tenda untuk mencari sarang lebah di atas pohon raksasa Tualang di hutan Ulu Muda di Sik, Malaysia, (12/3). (AFP Photo/Manan Vatsyayana)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya