Hasil Studi: Punya Anak Bikin Panjang Umur

Memiliki anak, membuat orangtua baik ayah atau ibu lebih panjang umur.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 17 Mar 2017, 10:00 WIB
Punya anak bikin orang lebih panjang umur

Liputan6.com, New York- Menjadi orangtua itu tidak mudah karena harus berjibaku mengurus anak seperti tidak ada habisnya. Namun, Anda perlu berterimakasih juga, karena menjadi orangtua dari buah hati kesayangan membuat lebih panjang umur. Begitu kata studi dari Swedia.

Peneliti mendapati hasil menarik lewat analisa data kehidupan 700 ribu pria dan 725 ribu wanita. Rupanya seseorang yang memiliki anak, hidup panjang umur dibandingkan yang tidak memiliki anak. Misalnya seorang laki-laki yang juga ayah berusia 60 tahun, akan hidup 20,2 tahun lagi, sementara yang tidak punya anak 18,4 tahun lagi.

Lalu, pada wanita usia 60 tahun, bila memiliki anak akan hidup 24,6 tahun lagi, sementara yang tidak memiliki anak lebih pendek satu tahun. Begitu kalkulasi peneliti berdasarkan riset yang telah mereka lakukan seperti mengutip Live Science, Jumat (16/3/2017).

Menurut peneliti, kehadiran anak memberikan dukungan sosial yang berpengaruh terhadap usia mereka jadi lebih panjang umur.

"Usia orangtua jadi lebih panjang umur dari yang tidak memiliki anak karena dukungan sosial yang hadir," kata peneliti, Karin Modig, dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health ini.

Bagi wanita misalnya, kehamilan membuat hormon wanita berubah sehingga menurunkan risiko terkena penyakit tertentu seperti kanker.

Selain itu, menjadi orangtua juga membuat seseorang jadi lebih menjalankan perilaku hidup sehat dibanding yang tidak menjadi orangtua. Misalnya dalam menjaga asupan makan serta mengurangi atau berhenti merokok. Dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik seperti ini, orangtua pun jadi panjang umur

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya