VIDEO: Tolak Pabrik Semen, Warga Rembang Cor Kaki dengan Semen

Aksi cor kaki rencananya akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi pemerintah, yaitu penghentian pabrik semen di Kendeng.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Mar 2017, 14:54 WIB
Kondisi kaki sejumlah Petani Kendeng, Pati yang disemen saat menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (14 /3). Pada aksi ini di hari kedua ini jumlah petani yang mencor kakinya bertambah menjadi sebelas orang. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Simbol penolakan atas pembangunan pabrik semen di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, 11 warga mengecor kaki mereka dengan semen di halaman Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (15/3/2017), mereka bahkan membuat lagi kotak-kotak papan yang akan dipakai untuk mengecor kaki 20 orang.

Aksi itu rencananya akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi pemerintah, yaitu penghentian pabrik semen di Kendeng.

"Tuntutannya itu kepengin Pak Jokowi itu mencabut izin dan menutup pabrik yang ada di Kendeng  ," kata Sukinah, warga Rembang.

Sebelumnya, aksi serupa pernah dilakukan warga Rembang di depan Istana Merdeka. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghentikan pembangunan pabrik semen dan penambangan di desanya.

Para pengunjuk rasa yang kebanyakan petani itu menuntut pabrik semen di daerah mereka ditutup. Karena dikhawatirkan merusak lahan pertanian akibat polusi dan hilangnya sumber air. Selain itu, Mahkamah Agung juga sudah memenangkan warga dalam kasus pembangunan pabrik semen.

Saksikan video aksi cor kaki dengan semen, simbol menolak pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya