Stroberi Disebut Tinggi Pestisida, Alpukat dan Jeruk Aman

Laporan tahunan dari EWG menyebut, kandungan pestisida di buah stroberi sangat tinggi, sedangkan di alpukat, jeruk, kiwi, dan terung aman.

oleh Melly Febrida diperbarui 14 Mar 2017, 14:00 WIB
Laporan tahunan dari EWG menyebut, kandungan pestisida di buah stroberi sangat tinggi, sedangkan di alpukat, jeruk, kiwi, dan terung aman.

Liputan6.com, Jakarta Kandungan pestisida pada sayur dan buah tentu mengkhawatirkan. Karena dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, Anda mesti tahu buah dan sayur apa saja yang kadar pestisidanya tinggi sebelum membelinya untuk kemudian dikonsumsi sehari-hari.

Berdasarkan laporan tahunan dari Environmental Working Group (EWG), setelah menanam 48 jenis buah dan sayur secara konvensional, diketahui bahwa stroberi yang paling banyak mengandung pestisida. Setidaknya, ada 20 pestisida yang bersarang di buah yang memiliki rasa unik dan sering digunakan sebagai olahan berbagai makanan.

Dikutip dari situs Medical Daily, Senin (14/3/2017), makanan lainnya yang mengandung pestisida tinggi adalah bayam, apel, seledri, anggur, pir, ceri, tomat, paprika manis, dan kentang. 

Sementara untuk sayur dan buah yang kandungan pestisidanya rendah, bahkan cenderung "bersih" adalah jagung manis, alpukat, nanas, kubis, bawang, mangga, terung, melon, kiwi, kembang kol, dan jeruk.

Stroberi ternyata yang paling banyak mengandung pestisida. Setudkanya stroberi mengandung 20 pestisida. Sedangkan jagung manis dan alpukat termasuk yang tergolong hampir bersih. Hal tersebut berdasarkan laporan tahunan dari Environmental Working Group (EWG) seperti dilansir Medicaldaily.

Pada laporan EWG "2017 Shopper’s Guide to Pesticides in Produce”  disebutkan, pada sampel jagung manis dan alpukat hanya mengandung satu persen pestisida.

Namun, Aliansi Pangan dan Pertanian yang merupakan organisasi nonprofit petani sayur dan buah organik dan konvensional mengimbau agar konsumen tak perlu khawatir. Menurut mereka, informasi EWG menyesatkan dan peringkatnya tidak menggunakan proses ilmiah.

Apabila Anda mengonsumsi produk organik atau konvensional, tangani makanan dengan aman. Agar sehat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan Anda mencuci buah dan sayuran (kecuali yang diberi label prewashed), menyimpan di tempat dingin, dan memisahkan dari daging mentah, unggas, dan makanan laut.

Sehingga pestisida yang menempel tidak masuk ke dalam tubuh Anda.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya