Valentine, Arab Saudi Haramkan Bunga Mawar Merah

Untuk mencegah perayaan hari Valentine, pemerintah Arab Saudi melarang pembelian atau penjualan mawar merah pada hari tersebut.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 14 Feb 2017, 18:30 WIB
Untuk mencegah perayaan hari Valentine, pemerintah Arab Saudi melarang pembelian atau penjualan mawar merah pada hari tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, tanggal 14 Februari menjadi persoalan yang terus berulang. Di Indonesia, masih terdapat perbedaan dalam hal merayakan hari Valentine. Ada yang menyetujuinya dan ada pula yang tidak.

Sementara itu, terdapat pula perbedaan dari tiap-tiap negara di dunia dalam merayakan Valentine. Dilansir dari Dailymail, ini dia:

1. Arab Saudi

Merayakan hari Valentine adalah sesuatu yang dilarang di Arab Saudi. Bahkan, mereka yang mempromosikan valentine dapat dijatuhi hukuman. Malahan, menjual bunga mawar merah dilarang di negara tersebut untuk menghindari perayaan tersebut.

Walau demikian, tetap saja banyak yang secara diam-diam merayakan hari kasih sayang ini. Tidak heran, terdapat pasar gelap yang khusus menjual bunga mawar merah untuk hari Valentine.

2. Jepang

Tidak seperti di negara lain, di Jepang, justru laki-laki yang mendapat hadiah saat hari Valentine tiba. Sebulan setelahnya, tepatnya tanggal 14 Maret, kaum pria akan membalasnya pada hari yang disebut "White Day."

3. Filipina

Hari Valentine berarti hari pernikahan massal. Ratusan pasangan akan mengikat hubungan mereka dalam ikatan rumah tangga pada hari ini. Malahan, kadang kala acara ini disponsori oleh pemerintah.

4. Irak

Di negara ini, masyarakat habis-habisan saat hari Valentine tiba. Mereka akan memakai segala hal berwarna merah yang menjadi simbol Valentine, serta pergi ke taman untuk saling bertukar hadiah.

2 dari 2 halaman

5. Ghana

5. Ghana

Pada tanggal 14 Februari, alih-alih menamakannya Valentine, pemerintah malah menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Cokelat Nasional. Hal ini untuk mempromosikan Ghana sebagai salah satu negara penghasil cokelat serta menarik wisatawan.

6. Bulgaria

Hari Valentine berarti Hari Wine bagi rakyart Bulgaria. Saat para pasangan merayakan hari Valentine dengan mesra, mereka yang jomblo lebih memilih untuk berpesta wine.

7. Finlandia dan Estonia

Berbeda dari negara lain, di kedua negara tersebut tanggal 14 Februari lebih dikenal sebagai hari Persahabatan. Pada tanggal tersebut, orang-orang lebih suka merayakannya bersama sahabat ketimbang dengan pasangan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya