Klub Liga Inggris: Berkantong Tebal Namun Buruk Performa

Performa klub-klub Liga Inggris ternyata tak sebanding dengan kekayaan yang mereka miliki.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 26 Jan 2017, 21:40 WIB
Manchester United ternyata hanya menempati peringkat ke-14 di Euro Club Index(AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, London - Performa klub-klub Liga Inggris ternyata tak sebanding dengan kekayaan yang mereka miliki. Dalam peringkat yang dirilis Euro Club Index, klub-klub Liga Inggris paling tinggi cuma menempati peringkat ke-6.

Klub Inggris paling tinggi peringkatnya adalah Manchester  City. Meriam London menempati peringkat ke-8 dengan 3485 poin. Chelsea yang saat ini memuncaki klasemen Liga Inggris bahkan hanya menempati peringkat ke-10 dengan 3446 poin.

Bagaimana dengan Manchester United (MU)? Klub terkaya di Liga Inggris itu ternyata hanya menempati peringkat ke-14 dengan poin 3308.

Torehan klub-klub Liga Inggris di Euro Club Index berbanding terbalik dengan torehan mereka di Deloitte Money League. Di sana, klub-klub Liga Inggris mendominasi.

MU berada di peringkat ke-3, disusul Manchester City di peringkat ke-6. Dua klub kota London: Arsenal dan Chelsea berturut-turut ada di peringkat ke-7 dan ke-8.

Di sisi lain, Real Madrid dan Barcelona masih memimpin, baik di Deloitte Money Leauge maupun Euro Club Index. Di Deloitte Money League, Real Madrid memimpin sementara Barcelona memimpin di Euro Club Index.

Euro Club Index merupakan daftar pemeringkatan klub-klub Eropa berdasarkan performa mereka di liga dan turnamen yang diikuti. Sementara, Deloitte Money League menggunakan tingkat pendapatan klub sebagai dasar pemeringkatannya.

2 dari 2 halaman

Berikut daftar 10 besar klub di Euro Club Index dan Deloitte Money League

Para pemain FC Barcelona merayakan gol Neymar Jr. saat melawan Real Sociedad pada laga prempat final Copa Del Rey di Anoeta stadium, San Sebastian, Kamis (19/1/2017). Barcelona menang tipis 1-0. (AP/Alvaro Barrientos)


Deloitte Money League

1. Real Madrid
2. Barcelona
3. Manchester United
4. Paris Saint-Germain
5. Bayern Muenchen
6. Manchester City
7. Arsenal
8. Chelsea
9. Liverpool
10. Juventus

Euro Club Index

1. Barcelona
2. Real Madrid
3. Bayern Muenchen
4. Atletico Madrid
5. Juventus
6. Paris Saint-Germain
7. Borussia Dortmund
8. Arsenal
9. Sevilla
10. Chelsea
11. Manchester City

----
14. Manchester United
18, Liverpool

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya