6 Cara Mudah Kurangi Minyak pada Wajah

Meskipun minyak pada wajah membantu melindungi dan melawan tanda-tanda penuaan, tapi banyak orang menderita.

oleh Meiristica Nurul diperbarui 27 Okt 2016, 10:30 WIB
Coba 5 Bahan Alami yang Efektif Atasi Wajah Berminyak., Foto: miraclemiami

Liputan6.com, Jakarta Meskipun minyak pada wajah membantu melindungi dan melawan tanda-tanda penuaan, banyak orang menderita karena kelebihan minyak. Banyak hal yang dapat menyebabkan masalah akibat kelebihan minyak, termasuk noda, jerawat, dan lainnya.

Ada berbagai perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu memerangi kelebihan minyak di wajah, salah satunya dengan produk topikal, dilansir laman Wikihow, Kamis (27/10/2016).

1. Gunakan pembersih wajah rutin

Pakai pembersih wajah yang lembut dua kali sehari. Kebanyakan dermatologis setuju bahwa membersihkan kulit adalah cara terbaik untuk mengurangi minyak.

Pastikan menggunakan pembersih dengan pH seimbang, bukan sabun biasa. Kebanyakan sabun sangat alkali dan mantel asam alami membuat kulit rentan terhadap bakteri.

Produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau beta-hydroxy acid sering dianggap terbaik. Padahal, produk ini sedikit asam.

Ketika mencuci wajah, pastikan menggunakan air hangat, jangan air panas karena dapat mengiritasi kulit.

2. Pakai toner bebas alkohol

Tuang beberapa tetes pembersih pada kapas dan usap dengan lembut pada wajah. Toner bisa membuat kulit kasar, sehingga dermatologis sering merekomendasikan menggunakannya pada bagian wajah yang berminyak saja dibanding memakainya di seluruh permukaan.

3. Lembapkan kulit

Meskipun kontraproduktif, minyak dan kelembapan adalah dua hal yang berbeda. Bahkan, wajah berminyak dapat mengalami dehidrasi dan membutuhkan pelembap agar tetap sehat. Pastikan untuk menggunakan pelembap bebas minyak.

4. Pakai kertas minyak

Ini cara cepat dan solusi efektif untuk menyerap minyak berlebih. Mereka tidak akan mengurangi produksi minyak di kulit, jadi pengobatan ini harus dibarengi dengan pembersihan wajah untuk hasil terbaik.

Pastikan Anda tidak menggosok kulit dengan kertas minyak tersebut karena dapat menyebar kotoran dan menyebabkan iritasi. Sebaliknya, hanya tekan dengan lembut kertas pada wajah, tahan selama 15-20 detik.

5. Gunakan masker tanah liat

Masker membantu menarik keluar kotoran dan minyak, dan menjaga pori-pori bersih. Produk ini dapat mengeringkan kulit, jadi pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Sekali seminggu adalah waktu yang maksimal.

6. Pakai make up bebas minyak siang hari

Gunakan blush bubuk daripada krim blush on dan eye shadow. Debu bubuk dapat dibersihkan dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkan kelebihan minyak.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya