4 Pelajaran Hidup yang Perlu Dimengerti Anak Sejak Dini

Jika anak-anak bisa belajar tentang kehidupan sedini mungkin, maka mereka akan lebih siap menghadapi kehidupan sewaktu dewasa.

oleh Unoviana Kartika Setia diperbarui 06 Okt 2016, 08:30 WIB
Motivator Merry Riana (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang berpikir bahwa masa anak-anak hingga remaja adalah masa bersenang-senang. Padahal, jika mereka bisa belajar tentang kehidupan sedini mungkin, maka mereka akan lebih siap menghadapi kehidupan sewaktu dewasa.

Septian Sandinata, pengajar di Merry Riana School of Public Speaking, menuturkan, setidaknya ada empat hal yang perlu anak-anak pelajari. Hal-hal itu adalah money (uang), relationship (hubungan), learning (pembelajaran), dan character (karakter).

Belajar nilai uang perlu dilakukan supaya anak lebih mampu mengelola uang nantinya. Sementara relationship perlu diajarkan untuk memperbaiki hubungan anak dengan teman-teman dan orangtua.

"Anak-anak perlu mengerti bagaimana cara berhubungan yang baik dengan teman-teman maupun orangtua," ujar pria yang akrab disapa Tian kepada Liputan6.com, akhir pekan lalu, di Jakarta.

Sementara kemampuan pembelajaran yang baik berguna supaya anak mampu mencapai prestasi optimal di sekolah. Sedangkan karakter adalah bagaimana anak bisa menentukan tujuan hidupnya.

Merry Riana Life Academy menawarkan program liburan anak yang mengajarkan empat hal tersebut. Pada musim liburan yakni bulan Juni dan Desember. Selama 6 hari 5 malam, anak akan diajarkan hal-hal tersebut dengan cara menyenangkan, langsung oleh motivator kondang Merry Riana.

"Anak tidak suka digurui makanya kami menggunakan metode menyenangkan. Setiap hari, anak pasti main game. Sejauh ini belum ada yang pernah mengeluh bosan," kata Tian.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya