3 Jenis Kaktus dengan Bentuk Terunik

Di dunia ini ada banyak jenis kaktus yang memiliki bentuk unik dan aneh.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Sep 2015, 11:03 WIB
tanmaan kaktus dengan bentuk paling unik

Liputan6.com, Jakarta Kaktus adalah jenis tanaman yang identik dengan padang pasir atau tanah tandus. Pasalnya tanaman ini memang dikenal tangguh untuk menghadapi segala musim. Bahkan saat tanaman lain mati ketika kekurangan air, kaktus bisa tetap hidup.

Namun yang unik dari tanaman yang satu ini adalah bentuk-bentuknya. Di dunia ini ada banyak jenis kaktus yang memiliki bentuk unik dan aneh. Berikut ini adalah kaktus-kaktus dengan bentuk paling unik di dunia.

1. Blossfeldia liliputana

Sesuai dengan namanya, liliputana, kaktus yang satu ini bentuknya juga seperti liliput. Ukurannya kecil-kecil, bahkan ukuran maksimal hanya 1,3 cm saja. Jenis tanaman kaktus yang satu ini mudah ditemukan di kawasan bebatuan Pegunungan Andes.

tanmaan kaktus dengan bentuk paling unik

Uniknya adalah, kaktus ini akan berbunga justru saat musim panas tiba. Kaktus liliputana ini juga tetap bisa melakukan reproduksi meskipun tanpa bantuan tanaman lain, seperti tanaman pada umumnya.

2. Artichoke Cactus

Pernah melihat nanas atau kol?  Nah, Anda pasti akan terkejut ketika melihat bagaimana bentuk kaktus jenis Artichoke Cactus ini.

tanmaan kaktus dengan bentuk paling unik

Tanaman ini adalah satu-satunya spesies dari genus Obregonia. Tumbuhnya akan menyamping atau melebar, bukan ke atas seperti tanaman pada umumnya. Bentuknya berbuku-buku dan memiliki seperti mahkota di atasnya. Mungkin jika dilihat sekilas bentuknya akan seperti nanas atau kembang kol.

3. Turbinicarpus subterraneus

Nah, jenis yang satu ini mungkin yang paling unik diantara dua jenis kaktus sebelumnya. Spesies kaktus bernama Turbinicarpus subterraneus ini bentuknya seperti tongkat di dekat akar. Kemudian akan membentuk batang baru berwarna hijau dan akan ditumbuhi duri.

tanmaan kaktus dengan bentuk paling unik

Uniknya, kaktus ini bisa berumur sangat lama karena akarnya bisa menyimpan air dengan jumlah cukup banyak. Jadi meskipun terpapar di bawah terik matahari sepanjang musim panas atau musim kering, kaktus jenis Turbinicarpus subterraneus ini tidak akan mati. Unik sekali, bukan? Apakah Anda punya salah satu diantara jenis-jenis tanaman kaktus unik tersebut? Tapi hati-hati ya saat sedang melakukan perawatan pada tanaman ini. Tangan Anda bisa terluka karena duri-duri tanaman kaktus cukup tajam.

 

 

Pengirim : Muhammad Sufyan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya