Ini Keuntungan Bawa Bekal Makan Siang

Orang yang rutin bawa bekal dan makan tepat waktu cenderung lebih makan makanan sehat.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 25 Agu 2015, 15:30 WIB
Membawa bekal makan siang yang disiapkan sendiri ciptakan kebiasaan makan sehat. (news.com.au)

Liputan6.com, New York- Selain lebih hemat, membawa bekal makan ke kantor atau sekolah ternyata membuat kita lebih memiliki pola makan sehat. Karena cenderung memilih makanan sehat daripada cepat saji.

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Public Health Nutrition, peneliti menemukan mahasiswa yang membuat makanan sendiri di rumah untuk makan siang serta rutin makan pagi dan malam cenderung memiliki pola makan sehat.

Terbukti mereka menghindari makanan cepat saji dan minuman manis serta lebih banyak makan sayur dan buah dibandingkan yang tidak rutin makan.

Selain itu ditemukan juga fakta mereka yang makan sambil bermain ponsel atau menonton televisi cenderung makan tak sehat. Dalam studi ini disarankan untuk mempersiapkan makanan yang dikonsumsi dan mematikan televisi atau perangkat elektronik lain agar memiliki kebiasaan makan yang baik.

"Selain mempertimbangkan pilihan makanan, penting juga melihat kondisi saat makan," terang para penulis seperti dilansir laman Time, Selasa (25/8/2015).

Para peneliti di sana menganjurkan agar kita bisa menikmati saat makan seperti orang Jepang. Orang Jepang terbiasa makan di meja makan bersama keluarga yang juga jadi ajang berkomunikasi serta memiliki jam makan reguler.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya