Saat Serangga Masuk Telinga, Ini yang Harus Dilakukan

Jika ada binatang masuk, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan minyak yang sifatnya aman dan tidak iritatif

oleh Fitri Syarifah diperbarui 05 Mar 2015, 18:30 WIB
Apakah ear candle memiliki efek samping bagi telinga dan bagian tubuh lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa telinga sakit karena kemasukan serangga? Jika Anda pernah mengalaminya, Anda tidak sendiri. Sebab kasus ini umum dialami tanpa kita sadari dan biasanya terjadi saat sedang tidur.

Seperti disampaikan Spesialis Telinga Hidung Tenggorok RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, Sp THT-KL(K), ada cara mudah yang bisa dilakukan bila ada binatang yang dicurigai masuk ke telinga, salah satunya menggunakan baby oil.

"Jika ada binatang masuk, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan minyak yang sifatnya aman dan tidak iritatif seperti baby oil atau obat antiseptik untuk mengobati luka dan mencegah infeksi seperti betadine. Jangan gunakan minyak kayu putih, minyak goreng apalagi minyak tanah," kata Zainul saat diskusi kesehatan SOHO Global Health di bilangan Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Menurut Zainul, langkah ini dilakukan guna mematikan binatang atau menghentikan pergerakannya yang membuat infeksi. "Yang penting binatang itu mati dulu. Setelah itu, bawa orang tersebut ke dokter untuk segera diperiksa," jelasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya