Katulampa Siaga III, Warga di Pinggir Ciliwung Diminta Waspada

Hujan deras yang melanda wilayah Puncak dan sekitarnya sejak siang hari langsung membuat debit air di Bendungan Katulampa Bogor naik.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 12 Feb 2015, 16:45 WIB
Hujan deras yang melanda wilayah Puncak dan sekitarnya sejak siang hari langsung membuat debit air di Bendungan Katulampa Bogor naik.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang melanda wilayah Puncak dan sekitarnya sejak siang hari langsung membuat debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat kembali naik.

Bahkan naiknya volume air begitu drastis, dalam waktu kurang lebih 3 jam saja, tinggi muka air (TMA) di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur tersebut mencapai ketinggian 100 cm atau status Siaga III.

"Volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan di angka 30 cm sampai pada pukul 12.00 WIB. Namun pukul 14.00 WIB langsung naik menjadi 60 cm atau Siaga IV," kata Kepala Mercu Bendung Katulampa Andi Sudirman  kepada Liputan6.com di posko pantauan Bendungan Katulampa, Bogor, Kamis (12/2/2015).

Lalu, sambung Andi, akhirnya terus meningkat pada pukul 14.30 WIB di angka 100 cm. Jika di angka 100 cm atau level Siaga III tersebut diperkirakan volume air yang melewati bendungan sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Naiknya volume air ini disebabkan karena wilayah puncak diguyur hujan sejak jam 12.00 WIB," jelas dia.

Kini, pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur Puncak dan sekitarnya. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, kemungkinan volume air akan bertambah. (Tnt/Yus)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya