Cara Mudah dan Alami Obati Radang Tenggorokan

Beberapa studi menemukan berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi sakit tenggorokan.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 16 Jan 2015, 20:00 WIB
Sakit tenggorokan. Foto: bestsorethroatremedies

Liputan6.com, Jakarta Jangan buru-buru mengambil obat atau ke dokter saat tenggorokan sakit. Beberapa studi menemukan bahwa berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi sakit tenggorokan.

Seperti disampaikan Ahli Penyakit Dalam dari Brigham and Women's Hospital di Boston, Jeffrey Linder, MD., terlepas dari penyebabnya, sakit tenggorokan butuh perhatian karena dapat mengganggu aktivitas dan cenderung gejala flu atau radang tenggorokan. Penanganan secepatnya bisa diberikan dengan pengobatan rumah seperti berkumur dengan air hangat yang telah diberi garam.

"Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, membantu mengeluarkan lendir dan mengurangi iritasi serta pertumbuhan bakteri," kata Linder, seperti dikutip Health, Jumat (16/1/2015).

Menurut Linder, biasanya dokter merekomendasikan melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air. "Ingatlah untuk berkumur bukan menelannya."

Selain berkumur dengan air garam, Linder juga menyarankan untuk menghisap permen obat batuk yang biasa dijual di Over the Counter (OTC) di apotek. Permen obat batuk biasanya dapat merangsang produksi air liur yang dapat membantu menjaga tenggorokan Anda lembab. Tapi jangan asal pilih, tanyakan pada petugas apotek untuk rekomendasi permen yang dapat melawan rasa batuk dan mengurangi rasa sakit.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya