Cantik, Alfa Romeo Tunggangan Selir Mussolini!

Alfa Romeo 6C 2500 Berlinetta lansiran 1939 ini diberikan Mussolini kepada selirnya, Clara Petacci.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 16 Des 2014, 08:00 WIB
Alfa Romeo 6C 2500 Berlinetta lansiran 1939 ini diberikan Mussolini kepada selirnya, Clara Petacci.

Liputan6.com, Paris - Ajang lelang mobil-mobil klasik biasanya dimanfaatkan untuk melego benda memorabilia milik selebriti. Makin menarik jika dalam ajang tersebut dipergunakan untuk menjual mobil kesayangan milik selir sang diktator yang pernah dipuja dan berakhir dicaci.

Tentu akan sedikit mengejutkan dan membuat penasaran mengenai kisah yang ada di balik mobil klsik tersebut. Kisah tersebut kini tersimpan dalam sebuah Alfa Romeo 6C 2500 Berlinetta lansiran 1939 yang dimiliki oleh selir diktator Italia, Benito Mussolini.

Saat masa Perang Dunia II, Mussolini membelikan Alfa Romeo ini untuk Clara Petacci yang menjadi selirnya. Mobil ini digunakan secara eksklusif oleh Petacci berikut sopir pribadinya bernama Franz Spögler selama beberapa tahun.

Melansir laman Carscoops, Senin (15/12/2014), mobil ini pun sempat mengalami kisah menegangkan ketika digunakan oleh Petacci sekeluarga menyelamatkan diri dari Milan ke perbatasan Italia di akhir Perang Dunia II tahun 1945. Sayangnya, ia berhasil tertangkap di dekat Danau Como dan dieksekusi bersama dengan Mussolini selang beberapa hari kemudian.

Setelah perang, mobil klasik ini diboyong ke AS oleh seorang perwira AD hingga ditemukan kembali tahun 1970 di New York. Alfa Romeo 6C ini pun direstorasi selama beberapa tahun terahkhir oleh pakar dari Alfa Romeo, Francesco Bonfanti.

Dikatakan, mobil ini akan dilelang pada 4 Februari 2015 mendatang oleh rumah lelang RM Auctions, Paris. Menyoal harga, mobil ini diprediksi dapat laku sangat tinggi karena menjadi barang luar biasa bagi para kolektor yang serius. (Ysp/Des)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya