Lapan Ingin Buat Peta Indonesia Sebaik Google Earth

Lapan bertekad untuk membuat peta Indonesia melebihi Google Earth. Sebab secara geometrik dan radiometrik lebih detail.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 25 Nov 2014, 15:24 WIB
Lapan (Lapan.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri situs Google sudah menjadi acuan utama saat berselancar di dunia maya. Termasuk saat akan mencari alamat melalui Google Map dan Google Earth. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) pun bertekad untuk membuat peta Indonesia melebihi Google Earth.

"Google Earth memang sangat bagus. Tapi, kami ingin buat seperti itu di sini, atau lebih baik," kata Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Orbita Roswintiarti di Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pekayon, Jakarta Timur, Selasa (25/11/2014).

Orbita menjelaskan, dirinya pernah berkunjung ke kantor Google di California, Amerika Serikat. Di sana sangat terlihat para pekerja di Google begitu profesional dan fokus dalam mengolah data dan citra satelit.

Hanya saja, sambung Orbita, untuk kebutuhan tata ruang dan pengawasan, Google Earth memang masih memiliki kekurangan. Sebab, secara geometrik dan radiometrik tidak begitu detail seperti yang dilakukan Lapan.

"Untuk Google Earth memang sangat bagus, cuma tidak bisa digunakan untuk tata ruang seperti ini. Karena geometrik dan radiometriknya belum tentu akurat," lanjut Orbita.

Meski begitu, Orbita tetap mengagumi situs terbesar di dunia ini. Sebab mereka membuat para penggunanya dengan mudah mengoperasikan berbagai fasilitas dan aplikasi di situs itu.

"Tapi kalau untuk traveling dan lain-lain itu sangat nice sekali. User friendly sekali," tutup Orbita. (Ein)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya