Sakit Kepala Saat Mudik, Atasi dengan Pijat Shiatsu

Sebelum mengonsumsi obat pereda sakit kepala lebih baik coba dulu atasi dengan pijatan shiatsu.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 25 Jul 2014, 14:00 WIB
(Foto: nbcnews.com)

Liputan6.com, Jakarta Suasana ramai dan dinginnya AC kendaraan dalam perjalanan ke kampung halaman bisa menyebabkan sakit kepala. Meski termasuk penyakit ringan, sakit kepala berpotensi menganggu kenyamanan perjalanan Anda.

Sebelum mengonsumsi obat pereda sakit kepala lebih baik coba dulu atasi dengan pijatan shiatsu. Shiatsu adalah pijatan dengan ujung jari dan telapak tangan pada titik tertentu. Prinsip dasarnya memberikan tekanan pada permukaan tubuh secara bertahap yang dapat meningkatkan daya penyembuhan alami tubuh.

Untuk meredakan sakit kepala, coba ikuti langkah berikut seperti diambil dari buku Shiatsu Pijat Tradisional Jepang karya Toru Namikoshi, tutupi kepala dengan handuk atau sapu tangan terlebih dahulu.

2 dari 2 halaman

Cara Pijat

1. Tekanlah bagian kepala yang terasa sakit menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Lakukan penekanan sekitar 5-6 detik. Kemudian pijat bagian tersebut selama 10 detik. Ulangi tiga kali.

2. Jika rasa sakit sudah berkurang, pijat sisi samping dan kiri secara bersamaan menggunakan telapak tangan selama 10 detik. Ulangi 3 kali.

3. Kemudian pijat puncak kepala menggunakan kedua telapak tangan saling bertumpuk selama 10 detik.

4. Letakkan kembali kedua telapak kanan di masing-masing sisi samping kepala. Gerakkan telapak tangan ke atas dan bawah secara bergantian. Ulangi 10 kali.

5. Letakkan pertemukan kedua ujung jari di puncak kepala. Gerakkan tangan ke depan selama lima detik. Dengan posisi yang sama, gerakkan mundur hingga ke belakang kepala. Ulangi sebanyak 10 kali.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya