Keindahan Pasar Terapung di Antara Pegunungan Lembang

Apakah Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berlibur dengan keluarga dan harus mencari tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jakarta?

oleh Liputan6 diperbarui 19 Jun 2014, 16:28 WIB
Apakah anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berlibur dengan keluarga dan harus mencari tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jakarta?

Citizen6, Bandung Apakah Anda tidak mempunyai banyak waktu  untuk berlibur dengan keluarga dan harus mencari tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jakarta? Ataukah mungkin Anda sedang mencari tempat wisata yang membuat Anda lebih dekat dengan alam? Floating Market Lembang lah jawabannya.

Ya, memang kota Lembang tidak akan habisnya dengan tempat wisata yang memiliki ciri khas tiap tempat wisata itu sendiri. Dari namanya saja sudah Floating Market, tempat wisata ini mempunyai pasar yang dapat terapung di air.

Floating Market Lembang mulai dibuka sebagai salah satu tempat wisata di Lembang pada tanggal 12 Desember 2012. Tempat wisata yang unik ini berada di daerah pegunungan yang membuat tempat ini sejuk dan asri.

Floating Market Lembang ini beralamat di Jalan Grand Hotel No. 33E yang merupakan sebuah kawasan wisata yang mempunyai luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar. Tempat wisata ini pada hari kerja dibuka dari jam 10.00 WIB – 13.00 WIB, tetapi jika ingin datang pada hari weekend, Floating Market dibuka dari jam 9.00 WIB – 22.00 WIB.

Jika Anda ingin menuju ke Floating Market Lembang, sebelumnya Anda harus melewati pasar Lembang dan harus menempuh jarak kurang lebih 500 meter dari pasar tersebut.

Saya dan keluarga pun pergi ke Floating Market Lembang pada tanggal 24 Mei 2014 untuk pertama kali dan tidak ada rencana sebelumnya untuk pergi ke sana. Dalam perjalanan ke Floating Market, Anda tidak perlu takut untuk kesasar karena sepanjang jalan sudah terdapat petunjuk-petunjuk yang membantu untuk sampai ke tujuan.

Dari area parkir ada tiga pilihan pintu masuk ke area Floating Market, lewat pendopo depan, ke belakang masuk lewat area restoran dan terakhir langsung masuk ke area pasar terapungnya, cari yang paling deket jadi masuk dari pendopo depan.

Jika Anda masuk ke dalam Floating Market melewati pendopo depan, maka Anda dapat menukar tiket masuk dengan segelas minuman hangat seperti kopi dan  susu coklat. Sehingga para pengunjung tidak akan merasa dingin yang dikarenakan suhu dari pegunungan yang mengitari Floating Market Lembang.

Tetapi jika Anda tidak mau menukar tiket masuk dengan kopi saat masuk gerbang, Anda dapat menukarnya di dalam area Floating Market. Selain ada tempat penukaran minuman panas, di pendopo depan juga tersedia penukaran koin. Ini adalah salah satu yang membuat tempat wisata ini dapat dikatakan unik.

Koin yang dapat ditukarkan ada 4 tipe, seperti Rp 5.000,- Rp 10.000,- Rp 50.000,- dan Rp100.000. Koin yang ditukar bukanlah koin yang kita miliki seperti biasa, tetapi koin ini dibuat khusus untuk masuk ke dalam wahana-wahana dan juga untuk membeli jajanan yang ada di dalam area Floating Market.

Setelah melewati pendopo depan, Anda akan melihat sebuah danau yang besar dan sangat menarik perhatian ketika pertama kali masuk kedalam area Floating Market. Danau tersebut sangatlah bersih dan juga ditanami beberapa tanaman yang menambah keindahan danau.

Janganlah Anda  sekali-kali membuang sampah sembarangan di area Floating Market, karena terdapat pekerja yang selalu memantau kebersihan area Floating Market ini.

Untuk para orang dewasa yang ingin membeli souvenir-souvenir cantik dari Floating Market tidak perlu khawatir. Ada beberapa pendopo yang menjual berbagai macam souvenir-souvenir khas Floating Market dan juga tersedia beberapa factory outlet di sana.

2 dari 2 halaman

Floating Market

Apakah anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berlibur dengan keluarga dan harus mencari tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jakarta?

Foto dok. Liputan6.com

Wahana Edukasi Anak


Di area Floating Market terdapat beberapa wahana yang dapat dikunjungi. Dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mendatangi dan mencoba wahana-wahana unik yang tersedia. Wahana untuk para anak-anak antara lain seperti memberi makan angsa dan ikan. Memberi makan angsa bagi anak-anak yang tinggal di kota merupakan pengalaman yang tidak biasa. Wahana yang lain yaitu taman kelinci dan juga menangkap ikan ataupun belut.
 
Wahana Bagi Para Orang Dewasa Agar Lebih Dekat Dengan Alam


Selain wahana anak-anak, area Floating Market ini juga menyediakan wahana yang dapat digunakan oleh orang dewasa, seperti panen sayur organik, memetik buah stroberi, bermain ATV dan dapat juga menyewa perahu kano, perahu dayung dan sepeda air.
 
Floating Market Bukan Sekedar Pasar Terapung Biasa


Area pasar terapung dibangun di tengah-tengah danau dengan daratan yang telah dibangun memanjang, sedangkan para penjual makanan berjualan di atas perahu di pinggir sepanjang jalan tersebut.

Pasar terapung di sini tidak berjualan sayur, buah atau daging mentah, melainkan menjajakan berbagai jenis makanan dan jajanan yang enak, misalnya baso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar, jamur, dim sum, dan lain-lain. Dengan harga mulai dari Rp 5.000,-  untuk makanan ringan sampai dengan Rp 35.000,- untuk makanan berat.

Selain itu, perahu-perahu yang menjajalkan berbagai jenis makanan ini juga sudah diatur dan diparkir dengan rapi, tidak seperti di pasar terapung tradisional yang berantakan, sehingga pengunjunglah yang akan mendatangi perahu-perahu ini. Total perahu yang ada di Floating Market terdapat sekitar 46 perahu dengan menjual dagangan yang berbeda-beda. (*/Igw)

Pengirim:

Fisha Naufarani


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com
 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya