Sukses

Cawapres Ma'ruf Amin Mengaku Tak Ada Persiapan Khusus untuk Tes Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (12/8/2018), tes kesehatan telah disiapkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan KPU dalam 14 tahapan bersama lebih dari 50 dokter spesialis dan dokter umum.

Ada satu metode kesehatan baru yang diterapkan saat tes kesehatan Capres Cawapres 2019 ini, yakni tahapan tes neurologi atau fungsi syaraf.

Bakal Cawapres Ma'ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti tes kesehatan tersebut.

"Yang diperiksa kan kondisi yang sekarang ini, ya nggak ada persiapan," ujar bakal cawapres KH. Ma'ruf Amin.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno akan menjalani tes kesehatan, Senin besok, 13 Agustus. Sandi mengaku juga tidak menyiapkan diri secara khusus menjelang tes kesehatan selain berolahraga seperti biasa.

"Tadi pagi sudah mulai main basket dan stretching, karena kemarin kurang tidur," jelas bakal cawapres Sandiaga. 

Jika ada calon yang tidak lolos tes kesehatan atau dianggap tidak memenuhi syarat, maka partai pengusung boleh mengganti calon tersebut. Sesuai ketentuan, pergantian hanya dilakukan sekali dan calon tersebut juga harus mengikuti tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. (Muhammad Gustirha Yunas)