Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Melihat Eyab, Fasilitas Mewah yang Didapat Jemaah Haji Indonesia dari Saudi

Fokus, Jakarta - Pemerintah Arab Saudi memberikan layanan khusus, yakni program Eyab untuk jemaah haji yang akan pulang ke negaranya.

Layanan dengan fasilitas mewah di ruang tunggu bandara hanya diberikan kepada jemaah haji asal Indonesia dan rombongan haji dari dua negara lainnya saja.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (26/8/2019), sejumlah jemaah haji yang menunggu kepulangan ke Tanah Air memanfaatkan sejumlah fasilitas gratis yang disediakan di  Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Beberapa fasilitas yang disediakan ialah ruangan pendingin udara yang dilengkapi kursi mewah dan booth foto sebagai kenang-kenangan.

Layanan dengan fasilitas mewah yang diberikan merupakan bagian dari program Eyab, yakni fasilitas yang didapatkan jemaah saat pulang usai menunaikan ibadah haji. Beberapa jemaah haji mengaku senang mendapatkan layanan ini.  

"Buat kami ini sangat surprise, saya tidak mengira fasilitasnya seperti ini. Begitu masuk, aduh ini luar biasa, tidak seperti di bandara. Kita disambut oleh petugas Saudi Arabia, kemudian Indonesianya juga, nyaman, tidak terasa panas, kemudian terlihat semuanya serba baru, sofanya juga baru bagus-bagus," ujar Nunung Suhartini, jemaah haji asal Bandung.  

Eyab, yang berasal dari kata dalam bahasa Arab artinya pulang, merupakan bagian dari visi 2030 Arab Saudi. Untuk program Eyab, hanya tiga negara yang mendapatkannya, yakni, Indonesia, India, dan Malaysia.