Sukses

Google Siap Bantu BNPB Hadapi Bencana yang Melanda Indonesia

Curah hujan besar yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya selama beberapa hari belakangan ini menyebabkan bencana banjir yang mulai menggenangi sejumlah wilayah. Banjir tersebut ternyata menarik perhatian banyak pihak di luar Indonesia.

Perusahaan raksasa teknologi Google ternyata sebagai salah satu pihak yang tak melepaskan perhatiannya kepada Indonesia. Perusahaan yang berpusat di Mountain View, California itu menawarkan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

"Google Pusat dari California menawarkan bantuan kepada kita lewat email. Banjir di Jakarta menarik perhatian mereka untuk membantu bencana yang ada di sini," kata Sutopo Purwo nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB.

Sutopo menyebutkan bahwa tawaran mereka berupa penggunaan layanan dan fasilitas Google untuk mendukung monitoring bencana alam yang mungkin terjadi di sekitar Indonesia.

"Google punya produk Google Public Alerts and Crisis Bushfire yang bisa dintegrasikan dengan kebutuhan kita tentang tanggap bencana yang bisa terjadi. Mereka juga mau kasih kita map geospasial mereka dengan resolusi besar yang bisa permudah kerja kami," tambah Sutopo.

Ditemui tim Tekno Liputan6.com di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Sutopo tak segan membuktikan tawaran dari perusahaan raksasa online dunia itu kepada awak media.

Ia mengungkap bahwa sebenarnya BNPB memang sedang menjajaki kerjasama dengan pihak Google sejak tahun lalu. "Mudah-mudahan tahun ini kami sudah bisa benar-benar kerjasama dengan Google," tandas Sutopo. (den/dhi)

Baca juga: 
Indosat Sebar Pulsa Gratis untuk Korban Banjir Manado
Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado
Sebagian Jakarta Terendam, Telkomsel Amankan Layanan
Pantau Banjir Lewat Peta Interaktif Google Maps
Ini Nomor Telepon Darurat Banjir Jakarta di Akun Twitter BNPB

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS