Sukses

Gamer Pria Lebih <i>Doyan</i> Curang Dibanding Wanita

Mayoritas gamer pria mengaku bahwa terbiasa berbuat curang karena menganggap gamer lain pun akan berbuat curang.

Ekosistem game online saat ini menjadi salah satu penyokong utama pertumbuhan industri game dunia. Bagaimana tidak, game online bukan lagi sekedar hiburan atau hobi yang dinikmati sesekali waktu, banyak gamer yang kadung kecanduan bermain game online dan tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai profesi.

Selain itu, game online pun tak hanya didominasi oleh para gamer pria. Menurut hasil riset situs analisis asal China bernama 17173.com, untuk urusan game online, jumlah gamer wanita pun cukup banyak. Di Jepang contohnya, 66% dari seluruh gamer yang ada di Negeri Sakura itu adalah wanita. Sementara di Amerika Serikat dan Inggris jumlah gamer wanita mencapai di atas 40%.

Namun tahukah Anda siapa yang lebih doyan curang saat bermain game online, apakah gamer pria atau wanita?

Dilansir laman IGN, Selasa (14/1/2014), tiga orang ilmuwan asal China merilis sebuah jurnal bertajuk Behaviour & Information Technology yang salah satu isinya adalah memperhatikan perilaku bermain game online para gamer berdasarkan gender.

Dari hasil survey yang dilakukan pada sekitar 941 responden (pria dan wanita) yang memainkan game online multiplayer, ternyata dapat ditarik kesimpulan bahwa gamer pria lebih sering berbuat curang ketika bermain game online dibandingkan gamer wanita.

Ketiga orang ilmuwan yang terdiri dari Vivian Hsueh-Hua Chen dan Yuehua Wu dari Nanyang Technological University dan Shanghai Jiao dari Tong University ini menemukan bahwa sekitar 70% gamer pria hampir selalu bermain curang ketika bermain game online. Sementara gamer wanita sangat jarang berbuat curang, terkecuali pada beberapa jenis game online yang mampu menyembunyikan identitas pemainnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dari sejumlah responden gamer pria yang diikutsertakan, mayoritas di antara mereka mengaku bahwa terbiasa berbuat curang karena menganggap gamer lain pun akan berbuat curang. Sedangkan mayoritas gamer wanita merasa  takut ketahuan berbuat curang dibanding gamer laki-laki. (dhi)


Baca juga:
Belanja di Game FarmVille Kini Bisa Pakai Bitcoin
7 Fakta Dunia Game di Penghujung Tahun 2013
NSA Juga Mata-matai Para Gamer World of Warcraft
Beli Voucher Game Online Lewat Ponsel Berhadiah Aksesoris Gratis
3 Turnamen Game Taraf Internasional Digelar di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.