Sukses

Hati-hati, Ada Malware Bersembunyi di Situs Yahoo!

Sebuah kabar miring kembali menimpa perusahaan raksasa teknologi berbasis internet, Yahoo. Setelah sebelumnya layanan Yahoo Mail mereka sempat down medio 25 November hingga 9 Desember 2013 kemarin, kini dilaporkan bahwa pada situs utama Yahoo.com ditemukan sejumlah malware yang membahayakan pengguna.

Menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Senin (6/1/2014), hasil penelusuran yang dilakukan Fox-IT -- perusahaan keamanan internet asal Belanda -- menunjukkan terdapat malware yang bersembunyi di balik iklan digital yang berada di laman Yahoo.com.

Parahnya lagi, Fox-IT menjelaskan, malware tersebut dirancang untuk mampu menginfeksi perangkat pengguna tanpa harus meng-klik-nya. Dan untuk jenisnya sendiri hingga kini diperkirakan didominasi oleh Trojan.

Tak hanya Fox-IT, menurut laman PC Mag, hasil riset produsen software antivirus Hitman Pro juga menunjukkan hasil yang serupa. Mereka menjelaskan bahwa fasilitas iklan digital yang disediakan Yahoo di situs resminya merupakan celah kemanan yang dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan cyber.

Lebih lanjut diterangkan, malware ini pertama kali terdeteksi pada akhir Desember 2013. Meski tak diungkapkan secara pasti seberapa banyak perangkat pengguna layanan Yahoo yang terinfeksi, namun yang pasti permasalahan ini kabarnya telah diketahui langsung oleh CEO Yahoo Marissa Mayer dan sudah memasuki tahap penanganan.

Pertumbuhan malware di tahun 2013 memang begitu pesat, bahkan telah memasuki kondisi mengkhawatirkan. produsen software keamanan asal Spanyol, Panda Security sempat melaporkan bahwa di sepanjang tahun 2013, mulai Januari hingga Oktober 2013, telah lahir lebih dari 10 juta malware jenis terbaru.

77% populasi malware yang beredar adalah jenis Trojan yang dikenal sangat berbahaya. Sementara di peringkat kedua terdapat jenis Worms 13%, dan diikuti oleh Virus dengan 9% populasi. (dhi)

Baca juga:
Yahoo Mail Down, CEO Marissa Mayer Minta Maaf
Tak Hanya Smartphone, Malware Juga Serang Mesin ATM!
17 Situs Indonesia Yang Berbahaya, Waspadalah!
4 Malware Jahat Yang Menghantui Android Sepanjang 2013