Sukses

Google Buat Kesalahan Terbesar di 2013, Apa Itu?

Tahun 2013 sudah berakhir. Executive Chairman Google Eric Schmidt mengungkap kesalahan terbesar yang dilakukannya di Google pada tahun tersebut. Kesalahan yang dimaksud adalah tidak mengantisipasi perkembangan jejaring sosial.

"Di Google, kesalahan terbesar saya adalah tidak mengantisipasi perkembangan fenomena jejaring sosial," ungkap Schmidt. "Kesalahan itu tidak akan terulang lagi," ujarnya lagi.

"Selama ini kami sibuk mengerjakan hal yang lain, namun seharusnya kami juga terjun di area itu dan saya yang bertanggung jawab penuh atas kesalahan ini," tutur pria berkaca mata itu dalam sebuah interview di Bloomberg TV seperti dilansir PC Mag.

Google awalnya tidak terlalu memperhatikan Facebook yang memulai perjalanannya pada tahun 2004, dan sejak itu menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 1 milyar user yang menggunakan layanan ini.

Facebook dan Google pun bersaing dalam pertempuran online dan iklan mobile. Untuk bersaing di jejaring sosial, Google memperkenalkan layanan jejaring sosialnya bernama Google+ pada tahun 2011.

Google+ berjuang untuk mencari pengguna baru. Namun Google terlambat terjun di segmen jejaring sosial. Jumlah pengguna Google+ masih terpaut jauh dibandingkan layanan jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

Pada kesempatan itu, Schmidt juga menyampaikan prediksinya tentang tren tahun 2014. Menurutnya tahun 2014 adalah tahun kemenangan komputasi mobile. Maraknya smartphone dan tablet akan membuka pintu lahirnya aplikasi-aplikasi generasi baru terkait hiburan, pendidikan, dan kehidupan sosial.

Schmidt juga memprediksi bahwa pasar harus siap menyambut kedatangan big data dan machine intelligence. Perusahaan harus mulai memikirkan dan mengantisipasi bagaimana menangani ledakan data dan informasi di server mereka. (dew)


Baca juga:
Google Doodle Meriahkan Perayaan Tahun Baru 2014
Saingi Apple, Google Mulai Rambah Dunia Otomotif
Google vs Apple, Siapa Yang Paling Tenar di 2013?
Siapa Tokoh Indonesia Paling Banyak Dicari di Internet?



Loading