Sukses

Infrastruktur Siap, Telkomsel Tunggu 4G LTE Diizinkan Pemerintah

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tiffatul Sembiring beberapa waktu lalu mengatakan akan segera membuka teknologi 4G LTE (long term evolution) akhir tahun ini. Telkomsel mengaku pihaknya telah siap bila pemerintah mengizinkan layanan 4G dibuka untuk komersial.

"Kami sudah siap untuk menggelar layanan 4G secara komersial. Sekarang kita tunggu pemerintah ketetapan pemerintah saja," kata Hardika Nugroho, Head of Technology Roadmap Telkomsel di kantor pusatnya, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Ia juga mengungkapkan bahwa Telkomsel secara infrastruktur telah siap mengadopsi 4G LTE. "Secara fasilitas kami sudah siap untuk menyediakan layanan 4G," katanya lagi.

Hal itu juga diamini oleh Ivan Cahya Permana, VP Technology & System Telkomsel. "BTS (base transceiver station) kami sudah menggunakan yang single run dan siap jalankan 4G," tutur Ivan.

Ivan juga berharap bahwa pemerintah memilih eksosistem terbaik yang paling banyak diadopsi di dunia. Hal itu agar membuat pelanggannya tak kesulitan mencari perangkat yang untuk berkomunikasi di jaringan 4G Indonesia.

Telkomsel mengaku telah beberapa kali menguji kemampuan layanan datanya di 4G LTE secara terbatas. Ketika melakukan pengujian, operator dengan 125 juta pelanggan itu menggunakan frekuensi 1,8 Ghz dengan perangkat 4G yang sudah tersedia di Indonesia.

"Kami hanya perlu menginstal software pada radio dan BTS yang sudah siap, layanan 4G langsung bisa digelar secara bertahap," pungkas Hardika. (den/gal)

Lihat, Aksi Maling Terekam CCTV

Tutup Video
Loading