Sukses

Upaya Perpanjang Umur Manusia, Google dan Bos Apple Bentuk Calico

Google mendirikan Calico untuk fokus terhadap masalah kesehatan. Tantangan bagi Calico pun cukup sulit: penuaan dan penyakit terkait menua.

Google memang memiliki proyek masa depan yang dikenal dengan istilah "proyek menembak bulan". Sejumlah produk sudah diperkenalkan dari proyek ini, salah satunya adalah kacamata canggih Google Glass. Kali ini Google memperkenalkan perusahaan baru yang merupakan bagian dari "proyek menembak bulan", dan dibentuk dengan harapan bisa memperpanjang usia manusia.

Dilansir dari blog resmi Google, Kamis (19/9/2013), perusahaan baru itu bernama Calico. Google mendirikan Calico untuk fokus terhadap masalah kesehatan. Tantangan bagi Calico pun cukup sulit: penuaan dan penyakit yang terkait dengan prosesnya.

Arthur D Levinson ditunjuk sebagai Kepala Eksekutif atau CEO di Calico. Sebelumnya Levinson dikenal sebagai eks CEO di perusahaan bioteknologi Genentech, serta Chairman di Apple. Levinson juga merupakan investor yang ikut mendirikan Calico.

"Penyakit dan penuaan berdampak kepada semua keluarga. Untuk jangka panjang, pemikiran menembak bulan dalam hal kesehatan dan bioteknologi, saya percaya kami bisa meningkatkan kualitas jutaan manusia," kata CEO Google Larry Page di blog itu.

"Sangat mustahil untuk membayangkan ada orang yang lebih baik dari Art (Levinson), salah satu ilmuwan terkemuka, enterpreneur dan CEO andal di generasi kita, untuk memimpin perusahaan baru ini," lanjut Page.

Dalam kesempatan ini, Page juga mengatakan bahwa Art Levinson pernah mengungkapkan dedikasinya terhadap sains dan teknologi, dengan tujuan meningkatkan kesehatan manusia. "Fokus Larry (Page) dalam kemajuan yang besar telah menginspirasi saya, dan saya sangat antusias mengenai apa yang akan ada selanjutnya," ujar Levinson.

Meski begitu, Levinson tak akan meninggalkan jabatannya sebagai Chairman di Genentech, Direktur di Hoffmann-La Roche, juga sebagai Chairman Apple.

Bahkan CEO Apple Tim Cook mengaku senang dengan peran baru yang dimiliki Levinson. Cook mengatakan kalau kualitas hidup manusia saat ini yang terus berkurang memang menjadi masalah serius untuk ditangani. "Art merupakan salah satu orang gila yang berpikir punya cara untuk mengatasinya. Tak ada yang lebih pantas untuk memimpin misi ini," ujar Cook. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa.

    bioteknologi

  • Calico