Sukses

Migrasi ke Outlook.com Rampung, Hotmail Resmi Ditutup

Microsoft telah merampungkan proses upgrade dan transisi layanan email Hotmail ke Outlook.com. Ini berarti layanan email gratis berbasis web milik Microsoft itu resmi ditutup.

Microsoft telah merampungkan proses upgrade dan transisi layanan email Hotmail ke Outlook.com. Ini berarti layanan email gratis berbasis web milik Microsoft itu resmi ditutup. Pengguna diwajibkan pindah ke Outlook.com.

Dick Craddock, Program Manager Outlook.com, mengklaim bahwa Hotmail masih merupakan salah satu layanan email yang paling banyak digunakan. Dengan lebih dari 300 juta account aktif, ini membuat proses migrasi menjadi luar biasa.

"Ini berarti kami harus berkomunikasi dengan ratusan juta orang, meng-upgrade semua kotak surat mereka dan memastikan bahwa setiap email, kalender, kontak, folder, dan preferensi pribadi mereka aman", ujarnya.

Lebih dari 400 juta account aktif kini telah menggunakan Outlook. Selama proses migrasi, Microsoft setidaknya telah memindahkan sekitar 150 petabytes email data hanya dalam enam minggu ke Outlook.com.

Dari sisi antarmuka, Outlook.com memang lebih modern dan fresh. Selain itu, Outlook kini sudah dibekali beberapa fitur, seperti otentikasi dua arah, update kalender dan aplikasi, serta integrasi dengan layanan awan Skydrive untuk penyimpanan data dan Skype untuk melakukan video chatting.

Untuk saat ini pengguna Hotmail diklaim masih dapat terus menggunakan account mereka, namun mereka akan ditawarkan opsi untuk pindah ke email Outlook.

"Kami senang proses upgrade semua pelanggan Hotmail ke Outlook.com telah selesai. Kami yakin orang-orang akan lebih menyukai Outlook dibanding Hotmail," kata Craddock dalam postingan blog.

Craddock juga menambahkan bahwa Outlook.com sudah dilengkapi dua fitur baru, termasuk SMTP send yang dapat mempermudah pengguna mengirim email dari alamat email yang berbeda. Fitur lainnya adalah integrasi ke layanan SkyDrive.

Seperti dilansir Gizbot, Selasa (7/5/2013), Outlook.com adalah layanan email pertama yang terhubung ke Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google.

Hotmail sebelumnya dikenal dengan nama Windows Live Hotmail dan juga MSN Hotmail. Layanan email gratis berbasis web ini dioperasikan Microsoft sebagai bagian dari Windows Live.

Menurut data comScore pada bulan Juni 2012, Hotmail adalah layanan email berbasis web terbesar di dunia dengan jumlah pengguna 324 juta, diikuti oleh Gmail dan Yahoo! Mail. Layanan ini tersedia dalam 36 bahasa. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini