Sukses

Apple Rilis Generator Gambar AI Image Playground, Begini Cara Menggunakannya

Bagi kamu yang ingin tahu cara pakai fitur Image Playground dari Apple, simak artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta Di acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, Apple merilis sejumlah fitur kecerdasan buatan (AI) baru, salah satu yang menjadi perhatian adalah Image Playground.

Sebagai informasi, Image Playground merupakan salah satu fitur AI terbaru yang menggunakan teknologi dari AI Apple Intelligence.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat gambar secara cepat menggunakan tema beragam, seperti lokasi, konsep gambar, aksesoris, pakaian, dan lain sebagainya.

Dikutip dari Gizchina, Jumat (14/6/2024), fitur ini akan berjalan pada chip Neural Processing Unit (NPU) di dalam perangkat, sehingga pengguna dapat melihat hasil gambar yang dibuat secara cepat dan aman, karena tidak perlu memerlukan akses internet.

Image Playground dapat diakses pengguna di beragam aplikasi Apple, termasuk Messages, Notes, Keynote, Freeform, dan Pages serta aplikasi Image Playground khusus.

Berkat integrasi Image Playground dengan aplikasi Apple yang sudah ada, pengguna dapat mengakses fitur ini di berbagai aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi Image Playground khusus.

Kendati demikian, pengguna masih bisa mengakses aplikasi Image Playground untuk berkreasi dengan lebih banyak fitur dan tema.

Nantinya, Image Playground akan dapat dinikmati oleh pengguna iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menggunakan chip Apple M1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur dan Kemampuan Image Playground

Beberapa fitur dan kemampuan penting yang dimiliki Image Playground diantaranya:

  • Kostumisasi: Pengguna bisa memilih beragam tema untuk gambar yang ingin dibuat, seperti pakaian, aksesoris, lokasi, dan konsep lainnya.
  • Pilihan Gaya: Pengguna dapat memilih dari tiga gaya berbeda: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa, memungkinkan mereka menyesuaikan gambar sesuai preferensi mereka.
  • Deskripsi Gambar: Pengguna dapat memasukkan deskripsi untuk gambar yang dibuat, agar AI dapat memahami konteks gambar yang ingin dibuat.
  • Preview dan Berbagi: Pengguna dapat melihat pratinjau dari gambar yang telah dibuat serta membagikannya melalui beragam aplikasi Apple.
3 dari 4 halaman

Cara Pakai Image Playground

Bagi kamu yang tertarik mencoba Image Generator, berikut cara penggunaanya:

1. Pilih Gaya: Pilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. Pilihan ini akan menentukan tema keseluruhan gambar yang kamu buat.

2. Ketik Deskripsi: Masukkan deskripsi gambar yang ingin Anda hasilkan. Deskripsi akan menjadi dasar pemikiran AI untuk membuat gambar kamu.

3. Pilih Konsep: Pilih dari berbagai konsep seperti tema, kostum, aksesori, tempat, dan lainnya untuk menentukan gambar yang kamu buat. Pemilihan konsep membantu AI menghasilkan gambar yang disesuaikan dengan selera kamu.

4. Sertakan Seseorang (Opsional): Jika Akamunda ingin menyertakan seseorang dalam gambar yang kamu buat, pilih foto dari perpustakaan di aplikasi Photos. Kamu dapat melakukan cara ini dengan mengklik opsi “Select Person”.

5. Klik “Generate”: Klik tombol “Generate” untuk membuat gambar AI kamu.

 

4 dari 4 halaman

6. Edit Gambar AI

6. Edit Foto AI Kamu: Untuk menyesuaikan gambar yang telah dibuat AI, pindah ke bagian Canvas untuk mengedit gambar yang dibuat. kamu dapat menggunakan berbagai alat seperti Eraser, Merge Images, dan fitur lainnya untuk menyempurnakan gambar.

7. Gabungkan Gambar: Gunakan menu Canvas untuk menggabungkan dua gambar atau lebih. Pengguna dapat melakukan ini dengan mengeklik gambar dan mengetuk “Remove Background” untuk menambahkannya ke gambar lain.

8. Penghapus: Gunakan alat Eraser untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar yang dibuat. Kamu dapat melakukan cara ini dengan mengklik ikon “Eraser” yang terletak di bagian atas.

9. Pengeditan Lebih Detail: Gunakan menu Canvas untuk melakukan pengeditan lebih detail pada gambar yang dibuat. Cara ini termasuk membuat varian dengan membuat ulang gambar dan penyesuaian lainnya.

10. Unduh dan Bagikan: Setelah kamu puas dengan gambar yang Anda hasilkan, kamu dapat mengunduhnya dan membagikannya kepada orang lain melalui berbagai platform.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.