Sukses

Begini Cara Reset Data Pabrik Komputer Windows 10 dan Windows 11

Berikut cara lakukan reset data pabtik di komputer Windows 10 dan Windows 11.

Liputan6.com, Jakarta - Windows merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling banyak dipakai di komputer (PC atau pun laptop).

Saat ini, sistem operasi Windows yang masih mendapat dukungan pembaruan dari Microsoft ialah Windows 10 dan Windows 11.

Alasan mengapa kedua sistem operasi tersebut banyak dipakai adalah banyaknya dukungan aplikasi serta pengguna yang sudah familiar dengan cara menggunakan Windows.

Banyaknya aplikasi dan file yang tersimpan di laptop ataupun PC membuat kinerja perangkat kamu menjadi lambat, sehingga beberapa pengguna mencari cara untuk membuat performa laptop atau PC mereka bisa kembali lancar.

Salah satu cara agar kinerja laptop atau PC kamu terasa seperti baru ialah melakukan reset data pabrik.

Dikutip dari Gizchina, Rabu (11/6/2024), menyetel ulang Windows 10 atau 11 ke pengaturan pabrik sama dengan merombak total PC kamu, meremajakan kinerjanya, dan memulihkan fungsionalitas seperti pertama kali membeli perangkat tersebut.

Dengan melakukan reset data pabrik, kamu tidak hanya menghapus semua yang tersimpan di komputer, tetapi juga akan menghapus sisa-sisa perangkat lunak yang telah usang, memperbaiki konfigurasi lama, dan menghapus sampah digital yang mungkin menghambat sistem Windows.

Jika kamu berencana melakukan reset data pabrik untuk komputer Windows 10 dan Windows 11, kamu berada di artikel yang tepat. Tekno Liputan6.com telah menghimpun cara terbaik untuk melakukannya. Simak sampai habis, ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Reset Data Pabrik Windows 10

Apabila kamu akan melakukan reset data pabrik komputer Windows 10 kamu, fitur tersebut bisa kamu cari di aplikasi Setting maupun di ikon notifikasi di taskbar.

Melakukan reset komputer Windows 10 secara efektif mengganti semua driver dan mengatur ulang pengaturan ke settingan default.

Untuk melakukan reset data pabrik Windows 10, ikuti langkah ini:

  1. Klik ikon Notifikasi di taskbar, atau tekan tombol Windows + A, lalu pilih ubin Semua pengaturan di Action Center, atau kamu bisa mengklik tombol Start dan kemudian pilih menu Setting yang bergambar ikon roda gerigi pada Start Menu.
  2. Pilih Update & Security.
  3. Klik menu Recovery yang tercantum di sisi kiri.
  4. Di sisi kanan layar, kamu akan menemukan dua opsi. Opsi pertama, “Reset this PC,” yang kedua adalah “Advanced startup,” kamu bisa pilih opsi pertama untuk melakukan reset komputer Windows 10 kamu.
  5. Setelah klik opsi “Reset this PC,” akan ada jendela yang memunculkan dua opsi: “Keep my files” dan “Remove everything.”
  6. Pada opsi ini, kamu harus memutuskan apakah akan menyimpan semua file dan folder kamu atau memilih menghapus semua file, sehingga kamu memerlukan penyimpanan di cloud kamu untuk memulihkan data tersebut.
  7. Apa pun pilihanmu, kamu harus menginstal ulang aplikasi dan program apa pun yang diperoleh di luar Microsoft Store. Selain itu, pengaturan yang telah diatur, seperti tata letak Start Menu, akan kembali ke konfigurasi defaultnya.
  8. Setelah memilih opsi penghapusan data, akan muncul dua opsi, yaitu Cloud download dan Local reinstall, Pilih salah satu.
  9. Pada layar berikutnya, klik tautan “Choose settings” jika kamu ngin mengubah pengaturan reset saat ini. Jika tidak, lanjutkan ke Langkah 11.
  10. Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan dengan mengubah opsi yang sesuai, lalu klik “Confirm.”
  11. Klik Next untuk memproses reset Windows 10.
  12. Alat Reset akan memberikan ringkasan perubahan. Jika kamu memilih opsi “Keep my files , kamu akan menemukan tautan untuk melihat semua aplikasi yang akan dihapus selama penyetelan ulang, seperti Google Chrome, Steam, dan Microsoft 365.
  13. Daftar aplikasi tersebut akan disimpan ke desktop kamu setelah proses reset selesai. kamu tidak akan melihat tautan ini jika Anda memilih opsi “Remove everything”.
3 dari 4 halaman

Cara Reset Komputer Windows 11

Proses reset data pabrik di Windows 11 kurang lebih sama dengan cara yang ada di Windows 10. Berikut caranya:

  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka menu Settings, atau kamu bisa buka aplikasi Settings dengan cara klik menu Start lalu ketuk ikon Settings.
  • Di menu Settings, pilih “System”.
  • Klik tab “Recovery” di sisi kiri.
  • Di bawah tab “Recovery”, kamu akan melihat opsi “Reset PC”. Klik tombol “Get Started” di bawahnya.
  • Kamu akan melihat dua opsi: “Keep my files” dan “Remove everything.” Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu memilih “Keep my files”, file kamu akan tetap tersimpan, namun aplikasi dan pengaturan akan dihapus. Sedangkan opsi “Remove everything” akan menghapus semua file, aplikasi, dan pengaturan di komputer kamu.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses reset. Windows 11 akan dimulai ulang, dan proses pengaturan ulang mungkin memerlukan waktu untuk diselesaikan.
  • Setelah penyetelan ulang selesai, kamu harus melalui proses penyiapan awal lagi, termasuk mengonfigurasi akun pengguna, preferensi bahasa, dan pengaturan lainnya.
4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.