Sukses

5 Langkah Aktifkan Action Button di HP Android, Biar Enggak Kalah dari iPhone 15

Liputan6.com, Jakarta - Apple sebelumnya telah merilis iPhone 15 dengan membawa beberapa fitur baru yang menarik perhatian, terutama action button (tombol aksi) pada versi iPhone 15 Pro dan Pro Max. 

Tombol fisik ini dapat diprogram oleh pengguna untuk berbagai tindakan seperti pintasan ke kamera, lampu senter, memo, atau mode tertentu.

Bagi pengguna Android yang tertarik dengan konsep action button, kabar baiknya adalah ponsel Android juga menyediakan versi action button yang dapat disesuaikan. 

Berikut kami rangkumkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur Tombol Aksi di Android menggunakan aplikasi mapping, dikutip dari Android Police, Kamis (16/11/2023):

  1. Unduh aplikasi pemetaan tombol seperti Button Mapper, yang kompatibel dengan sebagian besar model Android.
  2. Buka aplikasi dan pilih tombol fisik yang ingin kamu map untuk tugas tertentu, seperti tombol volume atau tombol Bixby pada ponsel Samsung.
  3. Aplikasi menyediakan berbagai interaksi fisik yang dapat dipetakan, seperti ketukan dua kali atau tekan lama. Pilih interaksi yang sesuai.
  4. Tentukan tindakan yang ingin kamu lakukan dengan tombol tersebut, seperti membuka pengaturan, mengubah kecerahan, atau berinteraksi dengan aplikasi.
  5. Simpan pengaturan baru kamu dan uji apakah tombol tersebut berfungsi sesuai yang diinginkan.

Kamu dapat mengatur lebih banyak tindakan di HP Android dengan menambahkan opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Penting untuk mencatat bahwa kompatibilitas aplikasi pemetaan seperti Button Mapper dengan beberapa model ponsel mungkin bervariasi. Jika ada masalah, coba eksperimen dengan pengaturan hingga kamu menemukan opsi yang berfungsi dengan baik untuk ponsel kamu.

 
2 dari 4 halaman

Cara Melindungi Privasi di Smartphone dari Mata-mata dan Hacker

Beralih ke tips lainnya, ponsel pintar atau smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Selain itu, smartphone juga telah melampaui fungsi utamanya sebagai alat komunikasi.

Benda elektronik ini kini menawarkan kepada pengguna opsi untuk mengambil foto, menjelajahi internet, mendengarkan musik, menyimpan kata sandi, dan informasi sensitif lainnya.

Bersamaan dengan hal tersebut, kekhawatiran terhadap privasi dan keamanan data juga semakin meningkat. Dengan demikian, penting untuk mengambil langkah proaktif untuk melindungi data sensitif kita.

Dilansir Gadget Now, Minggu (29/10/2023), untungnya, ada berbagai gadget privasi di pasaran yang dirancang untuk melindungi smartphone kita dari akses tidak sah dan pelanggaran data.

1.Privacy screen protector

Perangkat keras privasi paling umum yang bisa kamu beli adalah privacy screen protector. Pelindung layar ini memiliki lapisan berbeda yang mencegah pengguna melihat layar smartphone kamu dari sudut berbeda.

Dengan demikian, kamu bisa leluasa menggunakan smartphone di tempat umum tanpa khawatir orang-orang yang ada di dekatmu mengintip layar dan melihat apa yang sedang kamu lihat di layar.

 

3 dari 4 halaman

2. Penutup kamera

Salah satu masalah privasi paling umum lainnya adalah kamera. Menggunakan penutup privasi atau penutup kamera pada smartphone kamu dapat menjadikan segalanya lebih ramah privasi.

Mengutip dari Huff Post, Mantan Direktur FBI James Comey menggunakan penutup untuk kamera webcam-nya. Begitu juga CEO Meta Mark Zuckerberg yang menggunakan stiker untuk menutup kamera laptopnya.

Menutup kamera perangkat atau webcam dapat mencegah ancaman siber, mengutip dari Norton. Virus dan malware juga berpotensi mencuri informasi dari perangkat dengan merekam apa pun melalui webcam.

3. Flip cover

Flip cover mungkin bukan gadget teknologi, tetapi benda ini memastikan bahwa notifikasi dan informasi lainnya selalu tersembunyi dari pengintaian.

Tidak hanya itu, flip cover juga memiliki fungsi lain, seperti memberikan perlindungan layar tambahan dan menjaga smartphone tetap aman dari benturan dan goresan.

 
4 dari 4 halaman

4. Physical security key

Physical security key atau kunci keamanan fisik adalah drive terenkripsi yang dapat kamu gunakan untuk mengunci ponsel dan mengamankannya di luar kunci biometrik, PIN, dan kata sandi.

Pastikan kamu mendapatkan kunci keamanan yang kompatibel dengan ponsel dan sistem operasi di smartphone kamu.

Untuk menyiapkan kunci keamanan pada akun onlineLiputan6.com telah merangkum dari PC Magazine, Sabtu (30/9/2023).

Buka browser yang biasa kamu gunakan, kemudian masuk ke laman Akun Google kamu. Di panel sebelah kiri, pilih pengaturan Keamanan. Gulir ke bawah dan klik verifikasi dua langkah. Pada layar berikutnya, klik tombol Start dan masuk ke Akun Google.

Di bawah halaman, gunakan smartphone kamu sebagai langkah kedua untuk masuk. Klik tautan "Tampilkan opsi lainnya" dan pilih Kunci Keamanan.

Klik berikutnya, lalu colokkan kunci keamanan ke komputer dan klik OK. Sentuh sensor pada kunci keamanan untuk mendaftarnya, lalu beri nama kunci keamanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.