Sukses

Ini Cara Buat Emoji Kitchen yang Sedang Ngetren

 

Liputan6.com, Jakarta - Internet selalu menawarkan berbagai trend yang kemudian viral diikuti oleh banyak pengguna. Terbaru adalah tren Emoji Kitchen di Google Search

Apa itu Emoji Kitchen? Sebagaimana dikutip dari 9to5Google, Minggu (17/9/2023), Emoji Kitchen adalah kemampuan yang digulirkan Google bagi pengguna untuk membuat emoji berdasarkan kombinasi dari dua emoji.

  • Lantas, bagaimana cara membuatnya? 
  • Pertama kamu hanya tinggal membuka aplikasi Google Chrome atau peramban lainnya baik di tablet, HP, atau PC kamu. 
  • Lalu, ketikkan Emoji Kitchen di laman pencarian
  • Kemudian, akan ditampilkan hasil penelusuran Emoji Kitchen, di sana ada deretan emoji. 
  • Klik Get Cooking
  • Bagian atas dari deretan emoji standar itu memperlihatkan tabel untuk menggabungkan dua emoji. Di sini, kamu bisa memilih untuk menggabungkan dua emoji. 
  • Selain itu, kamu juga bisa mengklik "randomise" guna mendapat dua emoji secara acak. 
  • Kalau tak ingin mendapatkan emoji secara random, kamu bisa klik Clear All untuk membuat Emoji Kitchen sesuai keinginan kamu. 
  • Contohnya kamu memilih emoji katak dan gambar pelangi, nanti yang muncul adalah katak dengan warna pelangi. 
  • Kamu bisa meng-copy emoji tersebut dan mengirimkan ke berbagai aplikasi. 

 Emoji yang dihasilkan ini pun bisa dikirim ke aplikasi favorit pengguna, namun berdasarkan percobaan yang dilakukan Tekno Liputan6.com di perangkat iPhone dan Android, saat mengkopi ke aplikasi WhatsApp, emoji dikirimkan dalam bentuk gambar, bukan emoji kecil. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Bisa Pakai Semua Emoji untuk Kasih Reaction

Penggunaan emoji kini kian masif. Hal ini yang sebelumnya mendorong WhatsApp untuk meluncurkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk bereaksi dengan emoji apa pun saat chatting di aplikasi.

Sebagai informasi, Meta pertama kali memperkenalkan fitur reaksi (reaction) dengan emoji ke WhatsApp pada April 2022, dan membuatnya tersedia untuk semua pengguna pada Mei tahun lalu. 

Saat itu, pengguna hanya bisa bereaksi terhadap pesan di WhatsApp menggunakan enam emoji, yaitu ibu jari, hati, berpegangan tangan, air mata kegembiraan, mulut terbuka, dan wajah menangis.

Mengumumkan fitur baru di Facebook, Mark Zuckerberg berkata, "Kami meluncurkan kemampuan untuk menggunakan emoji apa pun sebagai reaksi WhatsApp."

Mengutip The Verge, Selasa (12/7/2022), Meta sudah mulai mengulirkan update fitur reaksi emoji ini untuk semua pengguna mulai hari ini.

Namun bila kamu belum melihat perubahaan fitur reaksi di aplikasi, maka harus bersabar karena update WhatsApp ini belum tersebar secara merata ke seluruh pengugna.

Untuk menggunakan emoji sebagai reaksi saat chat, kamu dapat tap dan tahan pesan yang diinginkan. Setelah itu, akan muncul balon chat berisikan emoji.

Kamu akan melihat tambahan tombol plus (+) di chat emoji--seperti di atas ini.

Lanjutkan dengan mengeklik ikon + untuk melihat daftar emoji yang tersedia dan dapat dipakai untuk memberikan reaksi.

3 dari 4 halaman

Arti Emoji

Pemimpin Redaksi Emojipedia Keith Broni mengatakan, penggunaan emoji makin populer di masa kini, dan perluasan fitur WhatsApp Reactions akan mendorong popularitas emoji.

"Dengan lebih dari 3.600 pilihan dan opsi emoji baru, kami dengan senang hati bekerja sama dengan WhatsApp untuk menjelaskan arti dari tiap emoji yang terkadang membingungkan pengguna," tutur Broni, dikutip dari keterangan WhatsApp, Rabu (13/7/2022).

1. Wajah Meleleh

Wajah Meleleh adalah emoji baru dan sangat populer yang mengarah pada sarkasme – ketika seseorang seperti terpaksa untuk mempertahankan senyumnya. Emoji ini dapat Anda gunakan ketika Anda benar-benar merasa letih, kepanasan, (seperti 🥵) atau ketika Anda merasa malu dan canggung.

Bagaimana pun Anda memilih untuk menggunakan emoji ini, wajah meleleh dipastikan menjadi salah satu reaksi populer di WhatsApp musim panas ini.

4 dari 4 halaman

Lainnya

2. Topi Biru

🧢 Topi Biru: Dalam bahasa Inggris, emoji ini dibaca sebagai ungkapan ‘cap’ atau ‘capping’ dan digunakan ketika menanggapi seseorang yang berbohong atau tidak jujur.

Jika seseorang merespons pesan Anda dengan emoji ini, kemungkinan besar mereka merasa Anda sedang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya.

3. Tengkorak

💀 Tengkorak biasanya mengungkapkan kiasan kematian, dan kini sering digunakan untuk bereaksi terhadap pesan yang sangat lucu yaitu "mati karena tertawa".

Meskipun sekilas terlihat menyeramkan, emoji tengkorak sengaja digunakan sebagai alternatif dari 😂 Tertawa hingga menangis dan 🤣 Tertawa terpingkal-pingkal.

4. Menangis Hebat

😭 Menangis Hebat dan 🤮 Muntah mungkin terlihat berlebihan pada awalnya, tetapi emoji melodramatis ini dapat digunakan untuk mengekspresikan reaksi positif yang sangat ekspresif.

😭 Menangis hebat karena diliputi oleh haru dan kegembiraan, serta 🤮 Muntah karena rasa kewalahan yang berasal dari kegembiraan, keterkejutan, atau kekaguman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.