Sukses

Instagram Tidak Bisa Dibuka atau Error di Android, Coba Sejumlah Tips Berikut Ini

Berikut ini sejumlah tips yang bisa dicoba apabila menemukan Instagram tidak bisa dibuka atau error

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu media sosial yang paling populer dan paling banyak dipakai di dunia, platform berbagai foto dan video Instagram tidak lepas dari masalah.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna Instagram adalah aplikasi yang tiba-tiba keluar atau force close, tidak bisa dibuka, serta tidak berfungsi dengan seharusnya.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pengguna, apabila berada dalam kondisi Instagram error. Catatan, tips ini ditujukan untuk pengguna Android.

Cara Mengatasi Instagram Error

Dilansir Android Authority, dikutip Sabtu (20/5/2023), ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna saat Instagram tidak bisa dibuka atau error.

  • Cek apakah Instagram down atau tidak

Kamu mungkin bukan satu-satunya pengguna yang mengalami Instagram error. Maka dari itu, lihatlah apakah orang lain ikut terdampak gangguan yang sama atau tidak, misalnya dengan melihat ke situs Down Detector atau media sosial lain.

  • Tutup dan buka ulang Instagram

Jika masalahnya bukan dari Instagram, mungkin gangguan berasal dari perbedaan software. Cobalah untuk menutup aplikasi Instagram, lalu masuklah kembali.

Tidak ada salahnya untuk melakukan uninstall aplikasi, lalu memasangnya ulang dari Google Play Store, agar semuanya kembali ke setelan awal.

  • Cek Update

Saat ada perubahan tertentu dalam sebuah pembaruan, bukan tidak mungkin aplikasi versi lama yang ada di perangkatmu jadi terganggu. Karena itu, rajin-rajinlah dalam memantau soal update aplikasi Instagram di Play Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Lain Atasi Instagram Error

  • Restart HP

Cara lainnya adalah dengan mencoba melakukan restart pada smartphone yang digunakan.

  • Cek internet

Masalah gangguan Instagram mungkin berasal dari jaringan internet. Untuk ini, cobalah membuka aplikasi lain atau browser. Jika sama-sama tidak berfungsi, mungkin masalahnya ada di jaringan.

Jika memakai jaringan seluler, cobalah beralih ke WiFi, atau sebaliknya. Selain itu, coba matikan VPN apabila masalah terjadi ketika sedang memakainya.

  • Nyalakan izin aplikasi

Seringkali ada aplikasi yang tidak bekerja dengan baik saat izin aksesnya tidak diberikan. Lihatlah izin aplikasi untuk melihat apakah ini terjadi pada Instagram di perangkatmu.

  • Bersihkan cache

Cache menyimpan data yang biasa digunakan di ponsel dan menariknya secara lokal, kapan pun diperlukan, bukan mengunduhnya setiap saat.

Ini membuat pengalaman penggunaan jadi lebih cepat, tetapi juga bisa menimbulkan masalah. Untuk itu, disarankan untuk sesekali membersihkan cache di perangkat.

Apabila Instagram di perangkatmu masih bermasalah, pengguna juga bisa meminta bantuan dari platform melalui Help Center Instagram dengan cara:

  • Klik bagian Profil, pilih menu tiga titik
  • Pilih Settings
  • Klik Help lalu Report a Problem.
3 dari 4 halaman

Instagram Ketahuan Uji Fitur Close Friends untuk Unggahan di Feed

Sebelumnya, Instagram dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru dimana pengguna dapat membatasi orang yang bisa melihat unggahannya atau biasa dikenal sebagai Close Friends di Feed.

Mengutip informasi dari BGR, Sabtu (6/5/2023), fitur Instagram ini dilaporkan oleh seorang reverse engineer Alessandro Paluzzi. Ia mengungkapkan temuan tersebut melalui cuitan di Twitter.

Fitur baru ini ditandai dengan tab anyar bernama Audience ketika pengguna mengunggah sebuah konten. Lewat tab tersebut, pengguna nantinya bisa memilih apakah sebuah konten bisa dilihat oleh semua orang atau hanya orang tertentu saja.

Apabila fitur Close Friends Instagram untuk feed ini benar-benar hadir, pengguna tentu bisa lebih mudah mengatur siapa saja yang bisa melihat unggahan mereka. Sebelumnya, fitur serupa sudah lebih dulu hadir di Instagram Stories.

Kendati demikian, informasi mengenai kapan Instagram akan merilis fitur ini belum diketahui. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari aplikasi milik Meta tersebut.

Di sisi lain, Instagram diketahui juga sedang menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan musik ke dalam unggahan foto dengan format Carousel.

 

4 dari 4 halaman

Instagram Uji Coba Fitur Musik ke Foto Carousel

Carousel sendiri adalah fitur di mana pengguna dapat mengunggah hingga 10 foto atau video, dalam satu kali postingan. Ini adalah fitur yang sudah dirilis di aplikasi Instagram cukup lama dan sudah tidak asing lagi.

Sebelumnya, musik memang bisa disematkan ke dalam sebuah unggahan foto di platform media sosial milik Meta itu, tapi masih terbatas hanya untuk satu gambar saja, bukan ke beberapa foto di satu post.

Dengan adanya fitur baru Instagram ini, nantinya pengguna akan bisa memasukkan sebuah musik ke dalam post foto Carousel, sehingga akan ada musik yang mengiringi kita saat melakukan swipe beberapa foto di postingan itu.

Mengutip The Verge, Senin (1/5/2023), fitur ini juga diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui kanal broadcast Instagram-nya, dan menyebut bahwa fitur ini sudah ada di beberapa negara.

Meski Meta tidak mengungkapkan beberapa negara yang dimaksud, tapi berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, fitur menambahkan musik ke postingan Carousel sudah bisa dijajal di Indonesia.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.